Jelang Race MotoGP Prancis 2020, Kualifikasi Masih Jadi Momok buat Joan Mir

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 38 2291412 jelang-race-motogp-prancis-2020-kualifikasi-masih-jadi-momok-buat-joan-mir-QmwTxDGPV6.jpg Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANSJoan Mir beserta tim Suzuki Ecstar masih mencari cara agar dirinya bisa meraih hasil apik dalam kualifikasi. Menurut Mir, hasil kualifikasi yang baik adalah kunci untuk meraih kemenangan dalam balapan.

Mir dan rekan setimnya, Alex Rins, selalu tampil apik dalam balapan meski memulai dari posisi kurang bagus. Jika memulai dari grid pertama atau kedua, kedua pembalap Suzuki itu mungkin akan lebih mudah meraih kemenangan.

Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

Kenyataannya Mir dan Rins kerap mendapatkan hasil buruk dalam kualifikasi. Pada musim ini, Mir memulai balapan dari posisi 10, 10, 9, 6, 3, 8, 11, dan 8. Meski memulai dari posisi kurang bagus, Mir mampu meraih empat podium pada musim ini.

“Saya pikir kunci untuk memenangkan balapan adalah memulai di dua baris pertama (grid). Ini adalah sesuatu yang harus kami tingkatkan,” ujar Mir, menyadur dari Crash, Sabtu (10/10/2020).

BACA JUGA: Mir Bocorkan Strateginya untuk Raih Kemenangan Perdana di MotoGP

Mir tahu sulit untuk menemukan solusi dari masalah kualifikasi karena itu adalah kelemahan Suzuki. Akan tetapi, ia tidak kehilangan kepercayaan terhadap tim Suzuki. Ia yakin akan ada solusi baginya untuk meraih hasil bagus dalam kualfikasi.

“Yang pasti sulit untuk menemukan solusinya karena itu bukan poin terkuat kami, tetapi saya yakin tim akan menemukan solusi. Bukan untuk memperebutkan posisi terdepan tapi saya akan senang untuk memulai di dua baris pertama,” katanya.

Namun, podium tidak akan cukup untuk membawa Mir menjuarai MotoGP 2020. Mir butuh kemenangan dalam salah satu balapan pada musim ini agar jalannya menjadi juara lebih lapang.

Mir memang tengah bersaing dalam perburuan gelar juara MotoGP 2020. Saingan Mir adalah pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang sudah meraih tiga kemenangan pada musim ini.

BACA JUGA: Mir Tak Ingin Suzuki Lakukan Team Order di MotoGP Prancis 2020

Mir kini menempati posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 100 poin. Pembalap asal Spanyol itu hanya berjarak delapan poin dari Quartararo yang menempati posisi pertama.

Jika Mir sudah memenangkan satu balapan dari empat podium yang diraih, kedudukan di klasemen sementara akan berbeda. Oleh sebab itu, penting bagi Mir untuk meraih kemenangan pertamanya di MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini