Dovizioso Bermasalah dengan Ban, Pirro: Kondisinya Terbalik dengan Bagnaia

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 38 2290012 dovizioso-bermasalah-dengan-ban-pirro-kondisinya-terbalik-dengan-bagnaia-oOau3sBxmV.jpg Andrea Dovizioso. (Foto: Laman resmi MotoGP)

PORTIMAO – Test rider atau pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, mengakui kondisi yang berbeda dialami Andrea Dovizioso dengan Francesco Bagnaia saat ini. Kondisi itu berkaitan dengan ban yang dipakai dalam balapan MotoGP 2020.

Pirro mengakui Dovizioso mengalami masalah dengan ban baru dari Michelin yang dipakai pada MotoGP 2020. Terbukti, pembalap berjuluk Desmo Dovi itu pun terus mengalami krisis di MotoGP 2020.

Andrea Dovizioso

Kondisinya justru berbanding terbalik dengan Bagnaia yang malah tampil gemilang di MotoGP 2020. Pecco –sapaan akrab Bagnaia– bahkan berhasil naik podium di MotoGP San Marino 2020, sekalipun menjalani balapan dengan kondisi cedera kaki.

BACA JUGA: Pedrosa: Marquez Penghuni Tetap Podium jika Tak Cedera

Menurut Pirro kondisi ini terjadi karena ban yang digunakan saat ini tidak sesuai untuk gaya membalap Dovizioso. Sementara dengan Bagnaia, kondisi ban justru sangat mendukung gaya membalapnya hingga bisa terus bersaing meraih hasil manis.

“Itu (masalah pada ban) tergantung sudut pandangnya. Untuk Bagnaia, ban sangat membantu. Tetapi untuk Dovi, sebaliknya. Inilah masalahnya saat ini, ban baru Michelin sulit dimengerti, terutama bagi Dovi yang sangat cepat dalam pengereman,” ujar Pirro, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Rabu (7/10/2020).

“Saat ini, dia tidak bisa menggunakan senjatanya itu untuk melaju kencang. Pecco mengalami kesulitan besar tahun lalu karena ban tidak membantunya dalam pengereman, tetapi saat ini dia dapat menggunakan motor dengan sangat baik. Bagnaia seperti Jack (Miller), saat Dovi dalam krisis,”  lanjutnya.

Dovizioso memang terlihat kesulitan bersaing memperebutkan hasil manis di sejumlah balapan musim ini. Salah satunya terlihat dalam balapan seri ketujuh yang bertajuk MotoGP Emilia Romagna 2020.

Francesco Bagnaia

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Misano, Italia, itu Dovizioso hanya finis di urutan kedelapan. Di balapan berikutnya, rekan setim Danilo Petrucci itu bahkan harus gagal finis hingga membuat posisinya tergusur dari puncak klasemen MotoGP 2020.

Kini, Dovizioso hanya menghuni posisi keempat di klasemen. Koleksi poinnya usai tampil di delapan balapan adalah 84 angka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini