MotoGP Catalunya 2020 Buktikan Kelebihan Motor Suzuki

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 38 2285911 motogp-catalunya-2020-buktikan-kelebihan-motor-suzuki-0TmD9VP3f1.jpg Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, meraih hasil apik di MotoGP Catalunya 2020. Mir finis kedua dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu 27 September 2020 tersebut.

Mir diperkirakan bisa meraih hasil lebih baik lagi jika jumlah lap dalam MotoGP Catalunya 2020 adalah 25 dan bukannya 24. Sebab, kecepatan Mir pada dua lap terakhir jelang garis finis begitu luar biasa.

Joan Mir (Foto: Twitter/@JoanMirOfficial)

Kecepatan Mir cukup untuk memangkas jarak atau bahkan menyalip pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang memimpin balapan. Akan tetapi, pada kenyataannya, jumlah lap adalah 24 sehingga Quartararo keluar sebagai pemenang.

Finis kedua tetaplah bagus untuk Mir. Sebab, pembalap berpaspor Spanyol itu kini berada di posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 100 poin. Mir berselisih delapan poin dari Quartararo yang menempati posisi pertama.

BACA JUGA: Bukan Rossi Apalagi Quartararo, Ini Lawan Paling Diwaspadai Dovizioso

Peluang Mir untuk merebut posisi pertama dari Quartararo cukup besar. Sebab, masih ada enam balapan lagi yang akan diselenggarakan. Modal Mir untuk meraup banyak poin pada balapan-balapan yang akan datang, adalah kemampuannya dan kelebihan GSX-RR dalam mengelola ban belakang.

GSX-RR cukup ramah terhadap ban belakang sehingga menguntungkan Mir dalam balapan. Kecepatan Mir hampir tidak mengalami penurunan sepanjang balapan, sedangkan laju para pembalap lain semakin menurun mendekati garis finis.

Mir pun tahu kelebihan GSX-RR akan sangat membantunya dalam balapan. Jika bisa memanfaatkan kelebihan GSX-RR dengan maksimal, ada peluang bagi Mir untuk menjadi kejutan pada musim ini.

“Motor yang berbeda memiliki aspek positif dan negatif. Kami mencoba untuk memanfaatkan kekuatan kami. (Kecepatan) kami konstan. Kami harus memanfaatkannya sebaik mungkin,” ujar Mir, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (30/9/2020).

BACA JUGA: Joan Mir Ungkap Kendala pada Awal Balapan MotoGP Catalunya 2020

Balapan terdekat yang akan dijalani Mir, adalah MotoGP Prancis 2020. Balapan seri kesembilan musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu 11 Oktober 2020, malam WIB.

Sirkuit Le Mans mungkin menjadi panggung bagi Mir untuk unjuk gigi. Akan tetapi, Quartararo, sebagai pembalap tuan rumah, tidak akan membiarkan Mir bertindak seenaknya di Prancis. El Diablo –julukan Quartararo– tentu ingin finis di atas Mir demi berjaya di kampung halaman sekaligus mempertahankan posisi pertama klasemen sementara. Oleh sebab itu, Mir harus tampil maksimal di MotoGP Prancis 2020 agar bisa melewati hadangan Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini