Petronas Yamaha SRT Jadi Tim Kelima yang Dibela Valentino Rossi di Kelas MotoGP

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 38 2284323 petronas-yamaha-srt-jadi-tim-kelima-yang-dibela-valentino-rossi-di-kelas-motogp-OiAc8qst2G.jpg Valentino Rossi. (Foto: Twitter/ValeYellow46)

BARCELONA Valentino Rossi telah resmi berpindah ke tim untuk keenam kalinya semenjak berada di kelas MotoGP. Terbaru, Rossi memutuskan untuk bergabung dengan Petronas Yamaha SRT pada MotoGP 2021 mendatang.

Kepindahan Rossi itu akan menjadi spesial karena setelah sekian lama membela tim pabrikan, kini rider berjuluk The Doctor tersebut akan memperkuat tim satelit. Membela tim satelit pun bukanlah hal yang baru untuk Rossi.

Sebab rider asal Italia itu mengawali karier balapnya di kelas MotoGP dari tim bernama Nastro Azzuro, yang mana merupakan tim satelit dari Honda. Pada saat bergabung dengan Nastro Azzuro Honda, MotoGP pun masih disebut kelas 500 cc.

Baca Juga: Rossi Sudah Berpikir Seribu Kali Sebelum Putuskan Gabung Petronas Yamaha SRT

Valentino Rossi

Bersama Nastro Azzuro, Rossi secara luar biasa langsung dapat menjadi runner-up di klasemen akhir MotoGP 2000 tersebut. Bahkan di tahun keduanya Rossi justru menjadi juara dunia karena berhasil memenangkan 11 dari 16 balapan di musim tersebut.

Karena Rossi tampil menjanjikan, ia pun direkrut langsung ke tim pabrikan Honda, yang bernama Repsol Honda. Rossi pun hanya bertahan dua musim di tim pabrikan Honda tersebut. Padahal selama membela Honda, Rossi tampil baik dengan menyabet gelar juara dunia MotoGP 2002 dan 2003.

Rossi secara mengejutkan mengambil keputusan pindah ke Yamaha Factory Racing di MotoGP 2004. Tim pabrikan Yamaha itu pun menjadi tim ketiga yang dibela Rossi pada saat itu dan keputusannya pindah pun menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat.

Sebab selama membela Yamaha sedari 2004 sampai 2010, The Doctor berhasil merengkuh empat gelar juara dunia MotoGP. Meski di tiga musim sisanya Rossi tak menjadi juara, namun setidaknya ia tetap berada di posisi tiga besar pada klasemen akhir.

Kemudian, Rossi berpindah tim lagi di 2011. Rossi tepatnya pindah ke tim pabrikan Ducati dan bertahan di sana selama dua musim. Ducati pun menjadi tim keempat yang dibela oleh pembalap yang kini berusia 41 tahun tersebut.

Selama dua musim di Ducati, Rossi gagal tampil baik. Bahkan bisa dikatakan dua musim bersama Ducati menjadi musim terburuknya selama berada di kelas MotoGP. Hal itu bisa dilihat dari posisi akhir klasemen yang diraih Rossi, di mana ia menempati peringkat ketujuh dan kedelapan selama tampil di MotoGP 2011 dan 2012.

Valentino Rossi

Pada 2013, Rossi memutuskan kembali ke Yamaha. Sejauh itu, Rossi berarti sudah pindah tim sebanyak lima kali, namun karena ia kembali ke tim yang pernah ia bela, maka total tim yang pernah diperkuat oleh rider asal Italia itu masih empat.

Delapan tahun sudah Rossi bertahan di tim pabrikan Yamaha, yang mana sekarang bernama Monster Energy Yamaha. Selanjutnya ia pun harus berpisah dan berpindah tim lagi untuk yang keenam kalinya di kelas MotoGP.

Petronas Yamaha SRT menjadi tim kelima yang dibela Rossi di kelas MotoGP tersebut. Tentu menarik menantikan kiprah Rossi di petualangan barunya itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini