Profil Franco Morbidelli, dari Anak Didik Jadi Calon Rekan Setim Rossi

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 14 September 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 38 2277477 profil-franco-morbidelli-dari-anak-didik-jadi-calon-rekan-setim-rossi-P9ru41pcMY.jpg Franco Morbidelli (Foto: motogp.com)

NAMA Franco Morbidelli memang tengah menjadi perbincangan para pecinta MotoGP pada saat ini. Terlebih setelah dirinya berhasil menorehkan tinta emas dengan keluar sebagai pemenang balapan di MotoGP San Marino 2020.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano tersebut, Morbidelli berhasil tampil bak tanpa celah. Ya, Morbidelli berhasil memimpin balapan di MotoGP San Marino 2020 sejak lap pertama, hingga bendera finis berkibar.

Moribidelli sendiri memang meniti kariernya sebagai pembalap profesional dengan mengenyam pendidikan balap di akademi VR46. Bersama akademi VR46, Morbidelli menorehkan sejumlah hasil positif, hingga akhirnya dipercaya tampil penuh di Moto2 pada musim 2014.

Franco Morbidelli

Perjalanan karier Morbidelli di kelas Moto2 pun bisa dikatakan sangat menjanjikan. Bahkan pembalap yang kini berusia 25 tahun itu, hanya butuh empat musim untuk bisa keluar sebagai juara dunia Moto2 atau tepatnya di musim 2017.

Baca Juga: Rossi Bangga 4 Anak Didiknya Naik Podium di Misano 

Usai menjadi juara dunia Moto2 2017, Morbidelli berkesempatan untuk tampil di kelas MotoGP 2018. Hal tersebut terjadi setelah salah satu peserta MotoGP, yaitu Marc VDS Honda, merekrutnya sebagai tandem Thomas Luthi.

Musim debut Morbidelli di kelas MotoGP memang berjalan kurang menawan. Ya, Morbidelli harus puas hanya bisa menyelesaiak MotoGP 2018 dengan menempati posisi ke-15 usai memperoleh 50 poin dari 19 balapan yang dijalaninya.

Semusim berselang, Morbidelli memilih pindah ke Tim Petronas Yamaha SRT dengan berduet dengan Fabio Quartararo. Di musim keduanya tampil di kelas MotoGP, Morbidelli berhasil memperbaiki catatannya dengan menyudahi musim 2019 di posisi ke-10.

Sementara di MotoGP 2020, Morbidelli benar-benar mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya sebagai salah satu pembalap berbakat. Ya, Morbidelli bahkan berhasil menyudahi penantian panjangnya untuk bisa meraih podium di kelas primer kala tampil di MotoGP Republik Ceko 2020.

Sedangkan dalam balapan yang berlangsung di MotoGP San Marino 2020, Morbidelli berhasil membuat kejutan dengan menjadi juaranya. Ini pun menjadi pertama kalinya bagi Morbidelli meraih kemenangan dalam sebuah balapan di MotoGP.

Baca Juga: Naik Podium di Misano, Morbidelli dan Bagnaia Puji Pengaruh Rossi 

Dengan catatan tersebut, menarik disimak seperti apa kiprah Morbidelli di sisa MotoGP 2020. Terlebih pada musim depan, Morbidelli memang mempunyai kans besar bertandem dengan sang mentor, Rossi, di Tim Petronas Yamaha SRT.

Ya, Rossi sendiri memang berpotensi besar membela Tim Petronas Yamaha SRT. Kondisi tersebut terjadi setelah tempat Rossi di Tim Monster Energy Yamaha bakal ditempati oleh Quartararo. Meski begitu, Rossi tetap bakal mendapatkan perlakuan layaknya pembalap pabrikan di Tim Petronas Yamaha SRT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini