Ducati Fokus pada Pembalap Muda agar Bisa Kalahkan Marquez

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 38 2275359 ducati-fokus-pada-pembalap-muda-agar-bisa-kalahkan-marquez-E20ALN3KoF.jpg Pembalap Honda, Marc Marquez (Foto: MotoGP)

MISANO – Sejak kemunculannya di kelas premier pada musim 2013, Marc Marquez sejatinya telah mendominasi Kejuaraan Dunia MotoGP. Bahkan, dalam empat musim terakhir, pembalap berjuluk The Baby Alien itu selalu tampil sebagai juara dunia.

Tak ayal, kondisi ini membuat tim-tim lainnya mencari cara agar bisa mengalahkan Marquez dan Honda. Tak terkecuali Ducati yang selalu berusaha menekan Marquez di tiga musim terakhir lewat pembalap mereka, Andrea Dovizioso.

Kendati demikian, harus disayangkan karena Dovizioso pada akhirnya selalu menjadi runner-up di tiga musim terakhir. Bahkan, musim lalu Dovizioso tertinggal 151 poin dari Marquez yang menjadi kampiun.

Baca juga: Marquez Absen, Stoner: Tak Ada yang Benar-Benar Diunggulkan di MotoGP 2020

Marc Marquez

Melihat situasi tersebut, Ducati pun mulai mengubah strateginya. Menurut Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, untuk bisa mengalahkan Marquez dibutuhkan pembalap muda yang masih segar.

Pasalnya, melawan Marquez dengan pembalap yang usianya sudah berada di atas 30 tahun dianggap tidak akan berguna. Karena, masa keemasan pembalap tersebut telah habis dan kondisi fisiknya mulai menurun sehingga akan kesulitan untuk bisa menyaingi The Baby Alien.

Maka dari itu, untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Ducati akan mencoba mengandalkan pembalap muda. Saat ini, mereka sudah mem-booking satu pembalap untuk musim depan, yaitu Jack Miller.

Karena Dovizioso sudah memutuskan untuk berpisah jalan dengan Ducati, maka saat ini tim pabrikan asal Italia itu masih kekurangan satu pembalap. Hal ini kemudian memunculkan spekulasi bahwa Jorge Lorenzo akan kembali membela Ducati.

Kendati begitu, ide tersebut langsung dibantah oleh Ciabatti. Pasalnya, Lorenzo sudah berusia lebih dari 30 tahun dan itu tidak sesuai dengan profil pembalap yang diinginkan Ducati.

"Ini memalukan, tapi saat ini kami berkonsentrasi pada kejuaraan dan musim 2020. Waktunya akan tiba ketika kita bisa melihat ke belakang. Tapi sekarang kita punya kesempatan untuk memperjuangkan kejuaraan. Kita harus tetap fokus," jelas Ciabatti, mengutip dari Motorsport Total, Kamis (10/9/2020).

"Pembalap muda memiliki ruang untuk berkembang dan dapat menantang Marquez. Itu logis. Saya tidak ingin menyangkal apa pun kepada pembalap berusia di atas 30 tahun. Mereka sangat kuat, tetapi mereka telah mencapai puncaknya," lanjut Ciabatti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini