Jika Tangani Honda, Brivio Takkan Izinkan Marquez Balapan di Jerez

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 38 2268574 jika-tangani-honda-brivio-takkan-izinkan-marquez-balapan-di-jerez-T585rv2J3h.jpg Marc Marquez. (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mengomentari keputusan Marc Marquez yang memaksakan balapan di MotoGP Andalusia 2020 usai operasi. Menurutnya, pihak Honda seharusnya tak membiarkan Marquez melakukan hal tersebut.

The Baby Alien –julukan Marquez– dinilai seharusnya menunggu untuk benar-benar pulih. Sebab, membalap di tengah kondisi yang belum pulih hanya akan menimbulkan risiko besar kepada Marquez.

Marc Marquez

Brivio sendiri mengaku selalu menerapkan hal tersebut kepada para pembalapnya jika mengalami cedera. Ia tidak akan memaksakan pembalapnya untuk mentas jika kondisinya memang belum benar-benar pulih.

BACA JUGA: Nekat Balapan saat Belum Pulih, Brivio: Marquez Sangat Ingin Juara

Pembalap tersebut bisa melewati satu atau dua balapan baru akhirnya tampil lagi dalam perlombaan di MotoGP. Meski begitu, Brivio menilai bahwa dalam beberapa situasi, para pembalap biasanya akan memastikan diri untuk tetap tampil. Hal tersebut tentu saja terjadi karena beragam alasan.

“Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi, tapi saya rasa saat ini seharusnya menunggu dia sembuh 100 persen. Tidak ada gunanya kembali dalam kondisi sakit dan mengambil risiko,” ujar Brivio, sebagaimana dikutip dari GP One, Kamis (27/8/2020).

“Lebih baik memulai lagi ketika semuanya baik-baik saja. Biasanya, kami harus selalu melakukan ini, tetapi dalam berlomba di ajang ini, kami bisa mengambil hal lain,” lanjutnya.

“Di masa lalu, saya kebetulan memberi tahu pembalap untuk melewatkan satu atau dua balapan tambahan, tetapi kami berada dalam posisi untuk melakukannya,” tutur Brivio.

Marquez memang sempat membuat publik tercengang beberapa waktu lalu lantaran bertekad tampil di MotoGP Andalusia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Padahal, pembalap asal Spanyol itu diperkirakan bakal absen karena baru saja mengalami insiden di MotoGP Spanyol 2020.

Marc Marquez

Insiden ini diketahui mengakibatkan tulang di lengan kanannya patah. Tetapi, berselang dua hari setelah menjalani operasi, ia ternyata memutuskan untuk tampil di MotoGP Andalusia 2020.

Meski sudah mendapat izin dari pihak medis dan telah mengikuti beberapa sesi dalam rangkaian MotoGP Andalusia 2020, Marquez akhirnya mundur. Keputusan diambil karena pihak Repsol Honda menilai comeback-nya juara dunia delapan kali itu terlalu berisiko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini