Harus Bersabar, Suzuki Baru Bisa Miliki Tim Satelit pada MotoGP 2022

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 38 2268390 harus-bersabar-suzuki-baru-bisa-miliki-tim-satelit-pada-motogp-2022-juo19MQgi4.jpg Alex Rins. (Foto: Laman resmi MotoGP)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, membicarakan soal keinginan memiliki tim satelit di pentas MotoGP. Sayangnya, keinginan Suzuki tampaknya tak bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Brivio mengakui bahwa Suzuki diperkirakan baru bisa memiliki tim satelit di MotoGP pada 2022. Perkiraan itu berdasar dari pembicaraan pihak Suzuki dengan pihak-pihak terkait di MotoGP, salah satunya Dorna Sports yang bertindak sebagai promotor.

Alex Rins

Meski begitu, Brivio mengakui bahwa pihak Suzuki sudah mulai melakukan beberapa hal demi mewujudkan keinginan tersebut. Ia bahkan mengaku sudah berbicara dengan beberapa orang di paddock demi memuluskan rencana tersebut.

BACA JUGA: Ingin Miliki Tim Satelit, Suzuki Dekati Tim Valentino Rossi?

Bagi Brivio, memiliki tim satelit memang bukan hal yang wajib dilakukan oleh Suzuki di MotoGP. Tetapi, ia menilai ada banyak manfaat yang bisa dihadirkan jika memiliki tim satelit. Salah satunya mempercepat pengembangan motor karena tim akan memiliki lebih banyak data.

“Wajar ingin memiliki tim lain karena dapat mengumpulkan data dan informasi lebih banyak serta mempercepat pengembangan. Kami membicarakannya dengan Dorna dan waktu ideal adalah 2022 karena kontrak baru antara mereka dan tim akan dimulai saat itu,” ujar Brivio, sebagaimana dikutip dari GP One, Kamis (27/8/2020).

“Kami ingin mencoba dan kami mengobrol dengan orang-orang di paddock, seseorang telah meminta informasi kepada kami, ada minat tertentu,” lanjutnya.

Saat ini, dari enam tim yang terdapat di MotoGP, memang hanya Suzuki dan Aprilia yang belum memiliki tim satelit. Sementara, empat lainnya sudah memiliki tim satelit, bahkan di antaranya tak hanya punya satu.

Suzuki sendiri sejatinya telah menyampaikan keinginan untuk memiliki tim satelit dari beberapa musim lalu. Tetapi, hal itu tampaknya belum bisa direalisasikan sampai saat ini.

Joan Mir

Untuk bisa mewujudkannya, Suzuki tentu saja harus mencari tim yang bisa diajak bekerja sama. Salah satu opsi yang muncul dan bisa diajak Suzuki untuk bekerja sama adalah tim milik Valentino Rossi, yakni Sky Racing VR46 Academy.

Tim tersebut kini diketahui telah beraksi di dua kelas dalam ajang balap motor grand prix. Kedua kelas itu adalah Moto2 dan juga Moto3. Tim besutan Rossi belum turut beraksi di pentas MotoGP yang menjadi kelas tertinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini