Binder Masih Tak Sangka Bisa Ukir Sejarah di MotoGP

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 38 2261202 binder-masih-tak-sangka-bisa-ukir-sejarah-di-motogp-KGV3bwqKMd.jpg Brad Binder. (Foto: Laman resmi MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap Tim KTM Red Bull, Brad Binder, berhasil mengukir sejarah di pentas MotoGP. Ia menjadi pembalap pertama asal Afrika Selatan yang berhasil menang di ajang MotoGP.

Sejarah itu diukir Binder usai tampil apik di gelaran MotoGP Republik Ceko 2020. Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada Minggu 9 Agustus 2020 malam WIB itu, ia berhasil keluar sebagai pemenang.

Brad Binder

Memulai balapan hanya dari urutan ketujuh, pembalap debutan MotoGP 2020 itu bisa melesat jauh ke depan hingga akhirnya finis pertama. Binder berhasil mengakhiri balapan dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik.

BACA JUGA: Gelar Tes Tertutup di Spielberg, KTM Difavoritkan Menangi MotoGP Austria 2020

Hasil tersebut membuat Binder mengukir sejarah di MotoGP. Ia menjadi pembalap pertama asal Afrika Selatan yang meraih kemenangan di MotoGP. Selain itu, Binder juga mencatatkan namanya sebagai pembalap pertama yang mempersembahkan kemenangan kepada KTM di kelas premier.

Sebelumnya, pencapaian terbaik KTM hanyalah naik di podium ketiga. Hasil tersebut didapat KTM lewat penampilan Pol Espargaro pada MotoGP Valencia 2018.

Mendapati kesuksesan ini, Binder pun mengaku masih tak menyangka bisa mengukir sejarah besar dalam kariernya sebagai pembalap. Karena itu, ia merasa sangat bersyukur usai berhasil memenangi balapan di Brno.

“Sulit dipercaya. Sungguh gila berpikir saya orang pertama di Afrika Selatan yang memenangkan balapan MotoGP. Sejak saya mulai balapan, saya telah melihat bagaimana perasaan saya, seperti saya memiliki seluruh negara di belakang saya,” ujar Binder, sebagaimana dikutip dari GP One, Rabu (12/8/2020).

“Untuk mendapat kemenangan pertama benar-benar luar biasa, tidak hanya bagi saya. Saya berharap itu menciptakan sesuatu di Afrika Selatan untuk olahraga kami,” tukasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini