Vinales dan Quartararo Melempem di Brno, Rossi Bahas soal Ban

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 38 2259548 vinales-dan-quartararo-melempem-di-brno-rossi-bahas-soal-ban-aUtCyJnoS0.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

BRNO – Pada dua balapan pertama MotoGP 2020, para pembalap Yamaha menampilkan performa yang luar biasa, utamanya Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Akan tetapi, saat melakoni seri ketiga yang bertajuk MotoGP Republik Ceko 2020, mereka justru tampil melempem.

Quartararo dan Vinales sejatinya adalah pembalap yang konsisten menempati posisi pertama dan runner-up dalam dua seri pertama MotoGP 2020. Itulah mengapa, mereka dijagokan untuk melanjutkan dominasinya pada seri ketiga yang berlangsung di Sirkuit Brno.

Kendati demikian, Quartararo justru hanya bisa finis di posisi ketujuh. Padahal, pembalap berjuluk El Diablo itu memulai balapan dari tempat ketiga.

Baca juga: Brad Binder Tahu Akan Menang saat Ada di Belakang Morbidelli

Fabio Quartararo

Sementara itu, Vinales lebih parah karena menyelesaikan balapan di posisi ke-14. Padahal, mantan pembalap Suzuki Ecstar itu start dari tempat kelima.

Sejumlah pihak pun menilai melempemnya performa Quartararo dan Vinales pada balapan kali ini dikarenakan mereka salah memilih ban. Maksudnya adalah jenis ban motor yang mereka gunakan tidak tepat dengan kondisi lintasan, sehingga membuat mereka tak bisa melaju dengan baik.

Menanggapi hal ini, Valentino Rossi sebenarnya tak sepenuhnya setuju. Rossi tidak memungkiri bahwa pemilihan ban memang berpengaruh terhadap performa pembalap di lintasan. Akan tetapi, hal itu tidak melulu terjadi.

Maka dari itu, Rossi tak ingin menyebut pemilihan ban sebagai faktor utama atau penentu bagus tidaknya pembalap di lintasan. Sebab, pemilihan ban bukanlah suatu perjudian.

“Saya kira tidak. Terkadang perbedaannya lebih besar, terkadang lebih kecil. Selalu ada ban yang lebih baik dari yang lain. Itu juga tergantung pada gaya mengemudi yang Anda miliki dan bagaimana sepeda motor dipasang. Saya tidak akan mengatakan itu (pemilihan ban) adalah berjudi. Ini hanya olahraga motor," terang Rossi, menyadur dari Speedweek, Senin (10/8/2020).

Dalam balapan di Brno tersebut, pembalap Yamaha yang mendapat hasil paling bagus adalah Franco Morbidelli. Ia finis di posisi kedua. Itu adalah podium pertama Morbidelli di kelas premier. Sementara itu, Rossi finis kelima.

“Saya sangat senang dengan podium ini. Saya menginginkannya dan bekerja untuk itu sepanjang akhir pekan. Kami memulai balapan yang bagus di akhir pekan. Kami memiliki kecepatan yang baik sejak lap pertama. Saya melihat dengan jelas bahwa saya memiliki peluang nyata untuk mendapatkannya," ujar Morbidelli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini