Brad Binder Tahu Akan Menang saat Ada di Belakang Morbidelli

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 38 2259508 brad-binder-tahu-akan-menang-saat-ada-di-belakang-morbidelli-1FHX5jyzMn.jpg Brad Binder (Foto: MotoGP)

BRNO – MotoGP Republik Ceko 2020 berakhir di luar dugaan banyak orang. Rookie KTM Red Bull, Brad Binder keluar sebagai pemenang pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB itu.

Namun, Binder sejatinya tidak terlalu pecaya diri sebelum balapan dimulai. Sebab, ia memulai balapan dari posisi ketujuh. Akan tetapi, pemikiran Binder berubah ketika berada di belakang Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Brad Binder (Foto: MotoGP)

Binder tahu dirinya lebih kuat saat berada di belakang Morbidelli. Pembalap berpaspor Afrika Selatan itu pun terus membuntuti Morbidelli sambil menunggu waktu yang tepat untuk menyalip.

Kesempatan emas pun datang pada lap ke-13. Kecepatan Morbidelli perlahan-lahan menurun karena ban YZR-M1 mulai kehilangan cengkeramannya. Binder memaksimalkan kesempatan itu untuk menyalip Morbidelli sehingga bisa memimpin balapan.

BACA JUGA: Sejarah, Brad Binder Jadi Pembalap Afrika Selatan Pertama yang Menang di MotoGP

Hingga akhir balapan, posisi pertama tetap menjadi milik pembalap berumur 24 tahun tersebut. Posisi kedua menjadi milik Morbidelli. Pembalap Reale Avintia, Johann Zarco yang memulai balapan dari posisi pertama finis di belakang Morbidelli.

“Saat balapan berlangsung, saya melihat bahwa saya lebih kuat darinya (Morbidelli), jadi saya menyerang dan melewatinya. Ketika saya mendekati Franco (Morbidelli), saya melihat bahwa saya unggul dalam cengkeraman. Jadi saya menunggu dan menyalip,” kata Binder, menyadur dari Tutto Motori Web, Senin (10/8/2020).

“Saya pikir mungkin seseorang akan mendekati saya dari belakang pada dua atau tiga lap terakhir. Karena kecepatan saya menjadi lebih lambat secara dramatis, tetapi tampaknya itu juga terjadi pada semua pembalap. Saya mendorong sangat keras dalam tiga lap terakhir,” tuturnya.

Tambahan 25 poin dari MotoGP Republik Ceko 2020 mendongkrak posisi Binder pada klasemen sementara. Pembalap KTM itu menempati posisi kelima dengan koleksi 28 poin. Binder tertinggal 31 poin dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo yang ada di posisi pertama.

Sementara itu, kemenangan Binder jadi langkah awal KTM untuk meraih hasil lebih baik pada dua balapan selanjutnya yang akan berlangsung di kandang mereka, Sirkuit Red Bull Ring, Austria. MotoGP Austria 2020 akan berlangsung pada 16 Agustus mendatang. Selang tujuh hari kemudian akan diselenggarakan MotoGP Styria 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini