Yamaha Sebenarnya Sudah Ingin Mengganti Rossi sejak 2005

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 38 2257028 yamaha-sebenarnya-sudah-ingin-mengganti-rossi-sejak-2005-4G6F1ClaZ6.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

LESMO – Valentino Rossi dipastikan tidak akan membela tim pabrikan Yamaha lagi mulai Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Pasalnya, pembalap berjuluk The Doctor itu akan digantikan oleh Fabio Quartararo, yang saat ini membela tim satelit Yamaha.

Sebenarnya bukan kali ini saja Yamaha memiliki keinginan untuk mengganti Rossi. Niatan untuk mengganti The Doctor sejatinya sudah ada sejak 2005.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Pelaksana Yamaha, Lin Jarvis. Karena, pada saat itu, Rossi telah memiliki ancang-ancang untuk meninggalkan dunia balap MotoGP guna berlaga di pentas Formula One (F1).

Baca juga: MotoGP Republik Ceko Dinilai Bisa Pengaruhi Masa Depan Rossi

Valentino Rossi

Rossi sejatinya bergabung dengan tim pabrikan Yamaha pada 2004 setelah selama empat musim membela Honda. Di musim pertamanya membela Yamaha, The Doctor tampil gemilang dan mempertahankan gelarnya sebagai juara dunia.

Pada 2005, nama Rossi yang semakin melambung setelah lima kali menjadi juara di kelas premier, membuatnya dilirik oleh banyak pihak, termasuk Scuderia Ferrari. Pembalap berpaspor Italia itu beberapa kali mengikuti uji coba bersama tim Scuderia Ferrari dan menorehkan catatan waktu yang bagus.

Ferrari kemudian menjanjikan Rossi untuk bisa tampil di Kejuaraan Dunia F1 2007. Tak ayal, hal ini membuat Yamaha bergerak cepat untuk bisa segera mendapatkan pengganti Rossi.

“Sejak 2005 kami telah mencari pengganti untuk Valentino Rossi. Pada saat itu dia baru menyelesaikan musim kedua bersama kami. Dia mempunyai peluang yang besar untuk meninggalkan kami untuk hijrah dan berkompetisi pada ajang balap Formula 1,” beber Jarvis, seperti dilansir dari Tutto Motori Web, Selasa (4/8/2020).

Yamaha kemudian memantau Jorge Lorenzo pada 2006. Saat itu Lorenzo tengah berjuang untuk memperebutkan gelar juara di kelas 250cc. Karena mampu menampilkan performa gemilang, Lorenzo pun diangkut ke tim pabrikan Yamaha pada 2008.

“Saat itu pula kami melakukan pendekatan dengan Jorge Lorenzo. Jorge Lorenzo bergabung dengan kami dan memenangkan tiga gelar juara dunia. Itu merupakan momen pertama kali kami harus memikirkan pengganti yang tepat untuk Valentino Rossi," jelas Jarvis.

Di sisi lain, Rossi nyatanya tak jadi hengkang ke F1 dan memilih melanjutkan karier di MotoGP. Maka dari itu, pada 2008 yang menjadi pilot tim pabrikan Yamaha adalah Rossi dan Lorenzo. Pasangan ini pun menjadi salah satu duet terbaik yang dimiliki Yamaha, terlepas dari rivalitas di antara keduanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini