Posisi Ke-3 di MotoGP Andalusia 2020 Penting bagi Rossi

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 38 2256350 posisi-ke-3-di-motogp-andalusia-2020-penting-bagi-rossi-224e5o6Sb4.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi secara mengejutkan mengakhiri MotoGP Andalusia 2020 di posisi ketiga. Manajer Tim Yamaha, Lin Jarvis, menyatakan podium itu penting bagi Rossi untuk menjalani kejuaraan yang aneh pada musim ini.

Rossi datang ke balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020 itu, dengan membawa modal buruk. The Doctor –julukan Rossi– gagal menyentuh garis finis pada balapan sebelumnya yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol 2020.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Kegagalan itu menyadarkan Rossi bahwa ia harus mengubah pengaturan motor, YZR-M1. Keinginan Rossi sayangnya tidak langsung diterima Yamaha, terutama para mekanik Jepang.

Para mekanik Jepang enggan mengubah pengaturan motor Rossi. Sebab, dua pembalap lainnya, Maverick Vinales (Yamaha) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) tampil apik.

BACA JUGA: Rossi Masih Punya Peluang Rebut Gelar Juara Ke-10

Rossi berdebat selama empat hari untuk memperjuangan keinginannya. Perjuangan Rossi berbuah manis karena para mekanik Jepang luluh, sehingga pengaturan motor The Doctor pun diubah.

Pengaturan yang baru membuat Rossi lebih nyaman saat mengendarai motornya. Rossi pun bisa finis di posisi ketiga pada balapan seri kedua musim 2020 tersebut.

Jarvis pun senang Rossi mampu finis di posisi ketiga. Sebab, hasil apik itu akan meningkatkan mental Rossi yang sudah lama tidak berdiri di atas podium. Rossi terakhir kali finis di posisi tiga besar ialah saat mentas di MotoGP Amerika Serikat 2019.

“Itu penting baginya. Saya pikir dia (Rossi) akan memiliki lebih banyak motivasi sekarang pada musim MotoGP yang aneh ini,” ujar Jarvis, menyadur dari Tutto Motori Web, Senin (3/8/2020).

Hasil apik di Sirkuit Jerez membuat Rossi sudah 199 kali meraih podium di MotoGP. Rossi berkesempatan untuk mencatatkan podium ke-200 pada balapan berikutnya, MotoGP Republik Ceko 2020. Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020.

Pesaing Rossi untuk meraih podium di Sirkuit Brno adalah Vinales dan Quartararo. Selain itu, Marc Marquez (Repsol Honda) juga bisa jadi ancaman bagi Rossi, jika The Baby Alien –julukan Marquez– tampil dalam kondisi fit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini