5 Atlet Muslim Paling Berprestasi Sepanjang Sejarah Olahraga

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 43 2245098 5-atlet-muslim-paling-berprestasi-sepanjang-sejarah-olahraga-VphwSaU2s0.jpg Khabib Nurmagomedov. (Foto: AFP)

SERBA-serbi soal kehidupan para atlet tersohor di dunia selalu menarik untuk dikulik. Apalagi, beberapa atlet sendiri diketahui berhasil menunjukkan sisi positif, baik dalam karier maupun kehidupannya dalam beragama.

Beberapa atlet Muslim di dunia berhasil mencatatkan prestasi manis dan juga menunjukkan sisi yang religius. Jika membicarakan hal ini, salah satu nama atlet yang akan terlintas di benak banyak orang adalah pesepakbola bintang Liverpool, yakni Mohamed Salah.

Bersama Liverpool, ia sukses meraih berbagai gelar juara di kompetisi bergengsi. Teranyar, Salah membantu Liverpool meraih gelar juara di ajang Liga Inggris 2019-2020. Selain Salah, ada sederet atlet Muslim lainnya yang juga menunjukkan karier gemilang. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima atlet Muslim paling berprestasi sepanjang sejarah olahraga.

5. Marat Safin

Di urutan kelima, ada nama Marat Safin. Atlet bernama lengkap Marat Mubinovich Safin ini merupakan adalah salah satu petenis putra terbaik dunia pada era 90-an hingga awal 2000. Petenis asal Rusia ini berhasil meraih beragam gelar juara di turnamen bergengsi.

Marat Safin

Petenis Muslim yang lahir di Moskow pada 27 Januari 1980 tersebut bahkan berhasil meraih dua gelar juara Grand Slam, yakni Amerika Serikat Terbuka 2000 dan Australian Open 2005. Marat juga membawa Rusia menjuarai Piala Davis pada 2002 dan 2006.

4. Zinedine Zidane

Kemudian, beralih ke dunia sepakbola, ada nama Zinedine Zidane. Kiprah Zidane di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Ia telah meraih berbagai gelar juara bergengsi, baik saat menjadi pemain ataupun kini berstatus sebagai pelatih.

Zinedine Zidane

Karena itu, Zidane telah menjadi salah satu pesepakbola Muslim tersukses sepanjang sejarah. Saat masih aktif menjalani karier sebagai pesepakbola profesional, Zidane bahkan mampu mengantar Prancis meraih gelar juara di Piala Dunia pada 1998 dan kampiun Piala Eropa pada 2000.

Kini, saat menjadi pelatih, Zidane juga menorehkan prestasi yang tak kalah fantastis. Ia mampu membawa Real Madrid meraih berbagai gelar juara bergengsi. Salah satunya adalah di Liga Champions. Bahkan, trofi mampu diraih pada tiga musim beruntun.

3. Kareem Abdul-Jabbar

Selanjutnya, atlet Muslim berprestasi datang dari dunia basket. Ia adalah Kareem Abdul-Jabbar. Pebasket asal Amerika Serikat ini merupakan seorang mualaf yang mulai memeluk agama Islam pada 1971.

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar bahkan memutuskan menjadi mualaf tepat sehari setelah meraih gelar juara NBA bersama Milwaukee Bucks. Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Lew Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar. Ia pun masih mencatatkan namanya kini sebagai pebasket dengan poin terbanyak sepanjang masa dengan mencetak  38.387 poin.

2. Muhammad Ali

Di urutan kedua, ada nama Muhammad Ali. Publik tentu saja telah mengetahui bahwa Muhammad Ali merupakan petinju Muslim sukses di dunia. Ia menorehkan karier yang begitu fantastis. Ia tercatat berhasil membukukan 56 kemenangan dari 61 pertarungan tinju.

Muhammad Ali

Ali sendiri diketahui baru mulai memeluk agama Islam 1964. Setelah menjadi mualaf, petinju kebanggaan Amerika Serikat ini pun langsung mengubah namanya dari Cassius Marcellus Clay menjadi Muhammad Ali.

1. Khabib Nurmagomedov

Atlet Muslim berprestasi terakhir datang dari dunia UFC. Ia adalah Khabib Nurmagomedov. Petarung asal Rusia ini telah menjadi salah satu sosok yang populer di dunia UFC karena ketangguhan yang selalu ditunjukkan di atas octagon.

Khabib Nurmagomedov

Khabib memang memiliki catatan fantastis di dunia UFC dengan menyapu bersih kemenangan dari 28 pertarungan yang dilakoni. Salah satu kemenangannya bahkan diraih kala menghadapi petarung kontroversial, Conor McGregor.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini