Start Ketiga di F1 GP Styria 2020, Sainz Jr: Ini Gila!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 37 2244980 start-ketiga-di-f1-gp-styria-2020-sainz-jr-ini-gila-sgSkRHisfi.jpg Carlos Sainz Jr tidak menyangka bisa start dari posisi tiga (Foto: Twitter/@McLarenF1)

SPIELBERG – Penampilan impresif kembali ditunjukkan Tim McLaren F1. Kali ini, mereka mengantarkan Carlos Sainz Junior mengakhiri kualifikasi Formula One (F1) GP Styria 2020 di posisi tiga, Sabtu 11 Juli malam WIB, di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, dalam guyuran hujan deras.

Hujan mengganggu jalannya hari kedua pekan balapan F1 GP Styria 2020. Genangan air di sirkuit membuat sesi latihan bebas tiga (FP3) yang seharusnya digelar Sabtu pagi, dibatalkan.

Cuaca sempat membaik 30 menit sebelum babak kualifikasi. Sayangnya, tepat ketika para pembalap hendak keluar, hujan kembali mengguyur lintasan. Babak penentuan posisi saat start itu lantas ditunda sekira 45 menit dari jadwal seharusnya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Styria 2020

Carlos Sainz Jr melaju di tengah lintasan basah (Foto: Twitter/@McLarenF1)

Walau para pembalap bisa memacu mobil sekencang-kencangnya, genangan air tetap menjadi ancaman tersendiri. Carlos Sainz Jr merasakan betul betapa mobil kerap sulit dikendalikan ketika melibas titik-titik genangan di lintasan.

“Banyak genangan air. Sungguh gila. Mobil seperti ingin melintir bahkan ketika di lintasan lurus. Anda benar-benar tercabik di sana,” ujar Carlos Sainz Jr, dikutip dari Speedweek, Minggu (12/7/2020).

“Di satu sisi, kondisi seperti itu adalah tantangan yang luar biasa, dan tentu sangat menyenangkan menaklukkan mobil dalam kondisi trek basah. Namun, di sisi lain, banyak hal bisa terjadi. Sejujurnya, saya lebih merasa stres ketimbang senang!” imbuh pria berpaspor Spanyol itu.

Meski kondisi trek menyulitkan, pembalap berusia 25 tahun itu sanggup mencatatkan waktu satu putaran terbaik 1 menit 20,671 detik. Torehan tersebut sudah cukup untuk mengantarkan Carlos Sainz Jr mencatat hasil kualifikasi terbaik sepanjang kariernya di F1.

“Saya sungguh senang dalam kondisi seperti ini, saya bisa mendapat hasil terbaik untuk start balapan di F1. Mungkin saya belum pernah membalap dalam situasi seperti ini, tetapi kondisi ini juga membuat Anda semakin baik sebagai pembalap,” tutup anak dari pereli Carlos Sainz itu.

Posisi terdepan pada balapan F1 GP Styria 2020 ditempati Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes AMG Petronas itu mencatatkan waktu satu putaran tercepat 1 menit 19,273 detik. Sementara di belakangnya ada Max Verstappen dari Red Bull Racing yang terpaut 1,398 detik.

Start dari posisi tiga tentu memperbesar kans Carlos Sainz Jr untuk finis di podium. Apalagi, balapan diprediksi berlangsung dalam kondisi lintasan kering. Dalam situasi tersebut, mobil bisa dipacu sekencang-kencangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini