Penyelenggara Optimis F1 GP Rusia 2020 Dihadiri Penonton

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 05:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 37 2244671 penyelenggara-optimis-f1-gp-rusia-2020-dihadiri-penonton-8u5S8IppJ0.jpg F1 GP Rusia 2020 kemungkinan bisa dihadiri penonton (Foto: Scuderia Ferrari)

SOCHI – Kejuaraan Dunia Formula One (F1) 2020 mendapat tambahan dua seri baru, yakni GP Tuscan di Sirkuit Mugello dan GP Rusia di Sirkuit Autodrom Sochi. Keduanya menggenapi kalender balap sementara menjadi 10 seri.

Seperti diketahui, F1 GP 2020 sudah resmi dimulai pada pekan lalu di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, keluar sebagai pemenang lomba diikuti Charles Leclerc dan Lando Norris.

Pekan ini, ajang balap jet darat itu kembali bergulir dengan nama F1 GP Styria 2020 di tempat yang sama. Pandemi Covid-19 memang mengacaukan jadwal balap sehingga beberapa sirkuit harus menggelar dua lomba secara beruntun.

Baca juga: CEO F1 Sambut Gembira Penambahan Mugello dan Sochi di Kalender 2020

Sirkuit Autodrom Sochi di Rusia (Foto: Reuters/Maxim Shmetov)

F1 Group sementara ini sudah memastikan delapan seri yang digelar di enam sirkuit serta negara berbeda. Tepat pada Jumat 10 Juli 2020, kalender balap bertambah menjadi 10 dengan kehadiran Sirkuit Mugello di Italia dan Autodrom Sochi di Rusia.

GP Rusia sendiri baru akan digelar pada 27 September 2020 dan sementara ini menjadi seri terakhir. Mengingat statusnya sebagai seri terakhir, pihak penyelenggara memastikan bakal membuat sirkuit untuk penonton.

“Rusia siap untuk menerima kehadiran tim-tim F1 dan penonton. Pemerintah akan menyediakan semua bantuan yang diperlukan selama persiapan dan ketika balapan digelar,” ujar Wakil Perdana Menteri Rusia, Dmitry Chernyshenko, dikutip dari Crash, Sabtu (11/7/2020).

Lelaki berusia 51 tahun itu menambahkan, penyelenggaraan F1 GP Rusia 2020 tidak terlepas dari kerja sama erat dengan F1 Group. Dmitry Chernyshenko yakin, balapan tersebut akan menjadi ajang yang bagus untuk dunia olahraga Rusia.

Pendapat senada disampaikan promotor lomba, ANO and Rosgokni. Mereka siap menyambut kedatangan penonton pada salah satu ajang olahraga tahunan terbesar di Rusia tersebut.

“Ini akan menjadi festival dengan audiens paling luas. Hari-hari penuh acara siap menyambut para tamu di Autodrom Sochi. Kami yakin kesulitan tahun ini tidak akan menjadi halangan utama bagi penggemar motorsport,” ucap CEO ANO and Rosgokni, Alexey Titov.

Keingingan tersebut tentu saja bakal bertentangan dengan protokol kesehatan yang dirancang F1 Group, yakni balapan tanpa penonton. Kekhawatiran semakin nyata melihat jumlah korban tewas akibat Covid-19 di Rusia sudah menyentuh angka 11 ribu, belum lagi kasus positif yang mencapai 714 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini