Ade Yusuf Santoso Mundur dari Pelatnas PBSI

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 40 2244219 ade-yusuf-santoso-mundur-dari-pelatnas-pbsi-KBAr8zQEht.jpg Ade Yusuf Santoso. (Foto: Laman resmi PBSI)

JAKARTA – Kabar mengejutkan datang dari kancah perbulutangkisan Indonesia. Pemain spesialis ganda putra, Ade Yusuf Santoso, memutuskan untuk mundur dari Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Ade mengambil keputusan tersebut setelah delapan tahun menjadi bagian dari Tim Nasional Ganda Putra Indonesia. Pihak PBSI menyebutkan bahwa surat pemunduran diri Ade telah diajukan sejak 19 Juni 2020.

Penampilan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Meski telah menyatakan keluar dari pelatnas, karier Ade di dunia bulu tangkis dipastikan akan terus berlanjut. Pemain kelahiran 19 Mei 1993 itu masih akan fokus bermain di nomor ganda putra dan telah memiliki pasangan baru.

BACA JUGA: Kalahkan Chico, Anthony Ginting Bakal Hadapi Shesar di Final Home Tournament

Ade pun menyatakan bahwa keputusan untuk mundur sejatinya sudah terlintas dalam benaknya setelah mentas di All England 2020. Tetapi, akhirnya, langkah tersebut baru diambil dalam waktu dekat ini.

Keputusannya yang terkesan mendadak ini pun diakui Ade telah membuat rekan-rekannya di pelatnas PBSI menjadi kaget. Tetapi, mereka tetap memberi dukungan atas segala hal yang dilakukan pemain kelahiran Surabaya tersebut.

"Sebetulnya sudah kepikiran mau mundur itu setelah All England 2020, lalu saya memutuskan untuk mundur sekarang. Selama menghuni pelatnas, banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapat, mungkin memang sudah waktunya saya keluar dari pelatnas," ujar Ade, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Jumat (10/7/2020).

"Teman-teman di pelatnas juga kaget saya mundur sekarang, mereka banyak kasih pesan-pesan buat saya. Koh Hendra (Setiawan) bilang supaya saya tetap semangat walau sudah enggak di pelatnas, kalau bang (Mohammad) Ahsan bilang jangan sampai lupa ibadahnya," tutur Ade.

Selama masuk Timnas Ganda Putra Indonesia, Ade bersama pasangan duetnya, yakni Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira berhasil menorehkan prestasi yang cukup manis. Duet Wahyu/Ade bahkan menjadi penentu kemenangan Tim Indonesia saat merebut medali emas beregu putra di SEA Games 2019.

Penampilan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Tak hanya memboyong medali emas di nomor beregu, pasangan tersebut juga meraih medali perunggu di nomor individual SEA Games 2019. Selain itu, Wahyu/Ade juga pernah merengkuh beberapa gelar juara di kompetisi yang bergengsi, seperti Thailand Open 2015 dan Macau Open 2017.

Penampilan terakhir Wahyu/Ade pun tersaji di pentas All England 2020. Sayangnya, hasil minor harus diraih pasangan ini saat mentas di turnamen berlevel Super 1000 itu. Wahyu/Ade tumbang di babak pertama dari ganda putra andalan China, Li Junhui/Liu Yuchen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini