Lin Dan yang Pensiun Hari Ini Ternyata Kagumi Taufik Hidayat dan Hendrawan

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 40 2241197 lin-dan-yang-pensiun-hari-ini-ternyata-kagumi-taufik-hidayat-dan-hendrawan-wj38cJ8i9G.jpg Lin Dan resmi pensiun dari dunia bulu tangkis hari ini. (Foto: Badminton Planet)

LONGYAN – Pebulu tangkis tunggal putra asal China, Lin Dan, memutuskan pensiun dari dunia tepok bulu pada hari ini, Sabtu (4/7/2020). Sepanjang karier bulu tangkisnya, banyak prestasi istimewa yang disabet pebulu tangkis 36 tahun tersebut.

Pria berbadan kekar itu sempat memenangkan dua medali emas nomor tunggal putra Olimpiade dan lima kali menjadi juara dunia. Sementara bersama Tim Nasional China, pebulu tangkis berjuluk Super Dan itu memenangkan enam gelar Piala Thomas dan lima trofi Piala Sudirman.

Lin Dan

(Lin Dan resmi pensiun hari ini)

Melihat deretan trofi yang disabet di atas, Lin Dan merupakan salah satu pebulu tangkis top yang pernah beredar di muka bumi. Bahkan, suami dari Xie Xingfang itu bisa disebut sebagai pebulu tangkis terbaik yang pernah ada.

Ternyata, meski memiliki karier gemilang di dunia tepok bulu, Lin Dan memiliki pebulu tangkis idola. Tidak disangka, sosok yang dipilih Lin Dan adalah pebulu tangkis asal Indonesia, yakni Taufik Hidayat dan Hendrawan.

Taufik Hidayat merupakan rival bagi Lin Dan di medio 2000-an. Taufik Hidayat tercatat pernah mengalahkan Lin Dan di partai puncak dua ajang besar, yakni final Kejuaraan Dunia 2005 dan Asian Games 2006. Di Kejuaraan Dunia 2005, Taufik Hidayat menang 15-3 dan 15-7. Sementara di Asian Games 2006, Taufik Hidayat menang 21-15 dan 22-20.

BACA JUGA: Lin Dan Pensiun, Begini Reaksi Lee Chong Wei

Bagaimana dengan Hendrawan? Hendrawan merupakan legenda hidup bulu tangkis Tanah Air. Sewaktu aktif bermain, pria yang kini berusia 48 tahun itu pernah menjadi juara dunia bulu tangkis 2001 yang diselenggarakan di Sevilla. Sementara bersama Tim Nasional Indonesia, ia mengantarkan sang negara tiga kali juara Piala Thomas, serta kali menyabet medali emas Asian Games 1998.

"Taufik Hidayat dan Chong Wei sangat berbakat, sedangkan Hendrawan jadi pemain hebat berkat kerja kerasnya," kata Lin Dan saat diwawancarai media asal India, Femina.

Taufik Hidayat

(Taufik Hidayat sangat dikagumi Lin Dan)

Sayangnya, Lin Dan pensiun di waktu yang tidak tepat. Sebab, tunggal putra China saat ini tidak lagi dominan seperti ketika ia sedang jaya-jayanya. Dua tunggal putra andalan China saat ini, Shi Yuqi dan Chen Long kerap tumbang saat dihadapkan dengan jagoan-jagoan dari negara lain seperti Kento Momota (Jepang), Viktor Axelsen (Denmark) hingga Anthony Ginting (Indonesia).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini