20 Tahun Karier Bulu Tangkis Lin Dan Berakhir Hari Ini

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 40 2241172 20-tahun-karier-bulu-tangkis-lin-dan-berakhir-hari-ini-pFijkOZhU2.jpg Lin Dan (Foto: AFP)

LONGYAN – Pebulu tangkis senior China, Lin Dan, pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya pada hari ini Sabtu (4/7/2020). Lin Dan yang berumur 36 tahun mengumumkan keputusan besar itu di media sosial China, Weibo.

Lin Dan telah meniti karier di dunia bulu tangkis sejak tahun 2000. Selama 20 tahun berkarier, telah banyak hal dialami pebulu tangkis asal China tersebut. Lin Dan pun berterima kasih kepada keluarga, pelatih, rekan setim, dan para penggemar, yang telah mendukungnya sampai sekarang.

Lin Dan (Foto: BWF)

"Saya telah mendedikasikan segalanya untuk olahraga yang saya sukai. Keluarga, pelatih, rekan setim, dan penggemar saya telah menemani saya melalui banyak masa bahagia dan saat-saat sulit," kata Lin Dan menyadur dari India Today, Sabtu (4/7/2020).

BACA JUGA: Incar Olimpiade Kelimanya, Lin Dan Ingin Beri Panutan untuk sang Anak

Pensiun dari dunia bulu tangkis adalah keputusan berat untuk Lin Dan. Akan tetapi, keputusan itu harus diambil oleh peraih dua medali emas Olimpiade tersebut. Sebab, kondisi fisik Lin Dan tidak lagi mendukung untuk berjuang di atas lapangan.

"Sekarang saya berusia 36 tahun, dan kebugaran fisik serta rasa sakit saya tidak lagi memungkinkan saya untuk berjuang berdampingan dengan teman satu tim," ujarnya.

Lin Dan pensiun dengan membawa segudang prestasi baik di level individu maupun tim. Di level individu, Lin Dan telah menjuarai seluruh gelar mayor, meraih medali emas Olimpiade (2008 dan 2012), mendapatkan medali emas Asian Games (2010-2014), dan lima kali menjadi juara dunia bulu tangkis.

Sementara itu di level tim, Lin Dan meraih enam Piala Thomas dan lima Piala Sudirman bersama Timnas (Tim Nasional) Bulu Tangkis China. Berbagai prestasi itu membuat Lin Dan sejajar dengan para legenda bulu tangkis dunia, seperti Lee Chong Wei dan Taufik Hidayat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini