Ferrari Pastikan Pit Stop Tak Terpengaruh Pengurangan Personel

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 08:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 37 2237910 ferrari-pastikan-pit-stop-tak-terpengaruh-pengurangan-personel-ZPluCcLHcT.jpg Kru Ferrari berlatih pit stop (Foto: Scuderia Ferrari)

MARANELLO – Seri perdana Formula One (F1) 2020 bakal digelar pekan depan dengan sejumlah protokol yang ketat, salah satunya pengurangan personel di paddock. Salah satu tim peserta, Scuderia Ferrari, yakin pengurangan personel itu tidak akan berpengaruh pada periode pitstop.

Setiap tim F1 kini hanya diperbolehkan membawa maksimal 80 orang anggota pada setiap balapan. Kurangnya jumlah personel itu dikhawatirkan mengganggu strategi pitstop setiap tim. Sekadar informasi, diperlukan sedikitnya 16 orang untuk kru pitstop.

Baca juga: Vettel Yakin Sirkuit Mugello Pantas Gelar Balapan F1

Kru pitstop Scuderia Ferrari (Foto: Twitter/@ScuderiaFerrari)

Berkurangnya jumlah kru tentu akan memerlukan waktu lebih banyak ketika pembalap masuk pit untuk mengganti ban. Namun, hal itu ditepis oleh Direktur Olahraga Scuderia Ferrari, Laurent Mekies. Menurutnya, prosedur pitstop akan tetap berlangsung cepat.

“Kami hanya punya 80 orang personel sesuai pembatasan. Jadi, kami harus banyak memotong anggota tim non-teknis. Dengan begitu, kru pitstop dan teknisi mesin tidak akan terlalu terpengaruh,” papar Laurent Mekies, seperti dimuat Motorsport, Senin (29/6/2020).

Salah satu cara Scuderia Ferrari mengakali pembatasan jumlah kru adalah memastikan beberapa orang bisa bekerja dari luar sirkuit atau remote working. Segala pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan performa di lintasan balap, dapat dilakukan dari rumah atau pabrik di Maranello.

“Kami mengurangi jumlah personel sebanyak mungkin karena masih bisa bekerja secara terpisah. Kami membangun semacam kotak paralel untuk mendukung operasi di lintasan balap. Terkait pitstop, Anda akan melihat operasi yang sama seperti biasa,” pungkas pria berpaspor Prancis itu.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini