Yamaha Bukan Motor yang Mudah Dikendarai

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 28 38 2237663 yamaha-bukan-motor-yng-mudah-dikendarai-N5YvYxtaoG.jpg Maverick Vinales (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LESMO – Sejumlah pihak menilai bahwa mengendarai motor balap Yamaha, YZR-M1, tidaklah sesulit menggunakan motor balap pabrikan lainnya. Pernyataan tersebut tak ayal langsung ditentang oleh Kepala Kru Maverick Vinales, Esteban Garcia.

Garcia sendiri sebenarnya tidak memungkiri kalau YZR-M1 adalah motor yang mudah dikendarai oleh para pembalap pendatang baru. Sebut saja Fabio Quartararo yang langsung tampil moncer di tahun pertamanya membela Yamaha.

Baca juga: Kalahkan Pembalap Akademi VR46, Rossi Optimis Bersaing di MotoGP 2020

Fabio Quartararo vs Maverick Vinales

Kendati demikian, bukan berarti mengendarai YZR-M1 tak memiliki tantangan tersendiri. Sebab, untuk bisa mengemudikan YZR-M1 dengan baik, seorang pembalap tidak bisa menggunakannya dengan terlalu keras atau agresif. Hal itu pasalnya akan membuat motor tak melaju dengan seimbang.

Penyebab mengapa Quartararo bisa langsung cocok dan tampil impresif dengan YZR-M1 adalah karena gaya mengemudinya yang kebetulan sesuai dengan karakter motor balap tersebut. Sedangkan untuk pembalap yang agresif, dinilai Garcia akan sulit untuk menaklukkan YZR-M1.

"Yamaha adalah sepeda motor yang berjalan dengan sangat baik. Anda terus maju dan cepat, tetapi mencari langkah selanjutnya, batas berikutnya, tidak semudah itu. Tanyakan kepada (Franco) Morbidelli. Ini adalah sepeda motor yang jika Anda mengendalikannya terlalu keras atau mengemudi terlalu agresif, maka Anda tidak bisa mengendarainya," jelas Garcia, sseperti dikutip dari Motorsport Total, Minggu (28/6/2020).

“Pol Espargaro mengatakan bahwa Yamaha tidak menerimanya ketika sangat agresif dalam mengerem atau melakukan percepatan. Anda harus 'selembut mentega' seperti yang dikatakan Jorge (Lorenzo) bahwa Anda harus menyatu dengannya dan itulah yang ditemukan Fabio, sepeda motor yang sangat cocok dengan gaya mengemudinya,” tandas Garcia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini