Balapan Tanpa Penonton Bukan Masalah buat Rins

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 03:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 38 2223553 balapan-tanpa-penonton-bukan-masalah-buat-rins-6jaigyWt4R.jpg Alex Rins (Foto: MotoGP)

ANDORRA – Penyelenggaraan MotoGP 2020 masih ditangguhkan karena pandemi virus corona (COVID-19). Beberapa balapan terganggu jadwalnya karena pandemi ini. Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP berusaha untuk menetapkan protokol kesehatan yang tepat agar kejuaraan dapat segera dimulai.

Salah satu protokol kesehatan yang mungkin akan digunakan Dorna, adalah menyelenggarakan balapan tanpa penonton. Opsi itu tidak terlalu disukai pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, karena balapan akan kehilangan atmosfernya tanpa kehadiran penonton.

Para pembalap MotoGP (Foto: MotoGP)

Namun, Rins tahu bahwa itu adalah pilihan terbaik di kondisi sekarang. Semakin sedikit orang dalam balapan akan memperkecil risiko penyebaran Virus Corona. Demi keselamatan, Rins rela balapan digelar tanpa pentonton pada musim ini.

BACA JUGA: Ambisi Besar Rins Kalahkan Marquez di MotoGP 2020

“Pasti akan sulit (balapan tanpa penonton). Bagi saya di tes pramusim kami sudah berkendara tanpa banyak penggemar di tribun. Akan tetapi, balapan akan sangat sulit karena ketika Anda berada di Grand Prix (GP) Anda biasanya dapat melihat tribun penuh dengan orang.,” ujar Rins, menyadur dari Crash, Rabu (3/6/2020).

“Jika mereka membuat balapan seperti ini, itu untuk keselamatan, tapi yang pasti akan aneh di sesi latihan bebas pertama dan kedua untuk melihat siapa pun. Sejujurnya, itu lebih baik (daripada balapan virtual),” paparnya.

Selain itu, hal lain yang mungkin terjadi pada musim ini adalah jadwal padat kejuaraan. Ada kemungkinan satu sirkuit akan menggelar dua balapan. Hal itu positif untuk kejuaraan tetapi sedikit merugikan pembalap. Sebab, jika sirkuit yang menjadi kelemahan seorang pembalap menggelar dua balapan sekaligus, kemungkinan kehilangan poin lebih besar. Meski begitu, kejuaraan sebisa mungkin harus diselamatkan. MotoGP 2020 rencananya akan dimulai pada 19 Juli mendatang.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini