nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Promotor MotoGP Prancis 2020 Buka Peluang Tunda Balapan ke Juni

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 20:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 23 38 2187885 promotor-motogp-prancis-2020-buka-peluang-tunda-balapan-ke-juni-fwgOV7wjAO.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: AFP)

LE MANS – Promotor MotoGP Prancis, Claude Michy, mengatakan penyelenggaraan balapan di negaranya berpeluang ditunda pada tahun ini. Penundaan pun bisa berlangsung sebulan sehingga MotoGP Prancis 2020 bisa diselenggarakan pada Juni.

Hal itu terjadi karena merebaknya pandemi virus corona saat ini di beberapa negara, termasuk Prancis. Di negara tersebut, tercatat ada 16 ribu kasus infeksi virus corona, di mana sebanyak 7.240 di antaranya dirawat di rumah sakit. Sementara itu, ada 674 kasus kematian.

Para pembalap MotoGP

Mendapati kondisi ini, Michy pun menilai penyelenggaraan MotoGP Prancis 2020 masih berisiko jika berlangsung sesuai jadwal. Rencananya, balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis, ini sendiri bakal dihelat pada 17 Mei.

BACA JUGA: Tatap MotoGP 2020, Marquez Siap Kembali Buru Gelar Juara

Michy pun akhirnya membuka peluang untuk menunda balapan. Tetapi, ia takkan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk menunda atau membatalkan. Ia lebih memilih mengkaji situasi saat ini dan terus mendiskusikannya berama pihak terkait, salah saatunya promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta.

"Saat ini, sangat tidak mungkin Grand Prix untuk digelar pada pertengahan Mei seperti yang diharapkan. Saya berbicara di telefon dengan Carmelo Ezpeleta dan intinya dari pembicaraan kami adalah virus,” ujar Michy, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Senin (23/3/2020).

“Motor adalah olahraga internasional dan untuk menyelenggarakan GP, semua peserta dan tim harus dapat melakukan perjalanan. Masyarakat juga harus memiliki akses ke sirkuit karena Grand Prix adalah sebuah pesta,” lanjutnya.

"Semuanya akan bergantung pada situasi kesehatan darurat. Tapi, saya pikir itu tidak mungkin. Jika kami tidak dapat menunda itu pada Juni, akan sangat sulit untuk pulih. Masa depan kompetisi ini dan tim dipertaruhkan, dan jika kita ingin memiliki kejuaraan pada 2021, kita harus memilikinya di 2020,” tukas Michy.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini