F1 GP Australia 2020 Dibatalkan, Hamilton: Ini Keputusan yang Tepat

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 37 2182677 f1-gp-australia-2020-dibatalkan-hamilton-ini-keputusan-yang-tepat-zm2b4Ry0MH.jpg Lewis Hamilton. (Foto: Twitter Lewis Hamilton)

MELBOURNE – Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, mendukung keputusan pihak penyelenggara Formula One (F1) untuk membatalkan gelaran Grand Prix (GP) Australia 2020. Menurut Hamilton, keputusan yang diambil telah tepat.

Langkah membatalkan balapan seri pembuka musim ini, F1 GP Australia 2020, diambil setelah seorang anggota Tim McLaren dinyatakan positif mengidap virus korona. Tim McLaren pun diketahui langsung mengundurkan diri dari perlombaan seri perdana F1 2020 itu setelah sang anggota kru dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Lewis Hamilton

Setelah mengetahui kabar tersebut, Federasi Automotif Internasional (FIA), perwakilan F1, dan pihak-pihak terkait pun langsung mengadakan pertemuan. Hasil dari pertemuan itu, F1 GP Australia 2020 yang sejatinya akan digelar di Sirkuit Albert Park, Australia, pada 15 Maret, dipastikan batal digelar.

BACA JUGA: F1 GP Australia 2020 Resmi Dibatalkan Akibat Virus Korona

Mendapati keputusan ini, Hamilton pun menyuarakan dukungannya. Menurutnya, keputusan sangatlah tepat karena hal yang terpenting saat ini adalah kesehatan dan keselamatan seluruh pihak di F1. Kini, ia hanya bisa menanti kapan balapan akan benar-benar digelar.

"Sayangnya, ini adalah keputusan yang tepat. Sebenarnya tidak ada yang menginginkan ini, kami semua ingin masuk ke mobil dan balapan, tetapi kami harus realistis dan kami harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Kenyataannya adalah, ini adalah masalah yang serius, banyak orang sakit, dan bahkan jika mereka tidak sakit, banyak orang terpengaruh secara finansial dan emosional,” ujar Hamilton, sebagaimana dikutip dari Express, Jumat (13/3/2020).

“Tidak ada yang benar-benar tahu sejauh mana kami berurusan, tetapi kami semua harus mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga orang sebanyak mungkin. Saya tahu ini mengecewakan karena olahraga menyatukan kami ketika masa sulit, tetapi itu adalah keputusan yang tepat. Berharap untuk segera kembali balapan,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini