F1 GP Australia 2020 Resmi Dibatalkan Akibat Virus Korona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 37 2182575 f1-gp-australia-2020-resmi-dibatalkan-akibat-virus-korona-YsdPUVCbVK.jpg Balapan Formula 1 (Foto: Laman resmi Formula 1)

MELBOURNE – Seri pembuka Formula One (F1) 2020 yang rencananya akan dilangsungkan di Sirkuit Albert Park, Australia, pada 15 Maret kini resmi dibatalkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Virus Korona (Covid-19) yang tengah mewabah ke seluruh penjuru dunia.

Sebelum ini, seorang anggota Tim McLaren dinyatakan positif mengidap Virus Korona. Hal itu kemudian membuat Tim McLaren mengundurkan diri dari penyelenggaraan seri perdana. Beriringan dengan kabar tersebut, FIA, perwakilan F1, dan pihak-pihak terkait pun langsung mengadakan pertemuan.

Baca juga: Virus Korona Mengancam, UEFA Akan Kaji Ulang Penyelenggaraan Piala Eropa 2020

Balapan F1

Mereka membahas mengenai kelanjutan penyelenggaraan balapan di Australia. Hingga akhirnya sampailah pada kesimpulan untuk membatalkan balapan seri perdana tersebut. Mereka sadar bahwa keputusan yang diambil ini mengecewakan para fans. Akan tetapi, mereka menilai ini adalah langkah terbaik untuk dilakukan demi kesehatan dan keselamatan semua pihak.

"Mengikuti konfirmasi bahwa seorang anggota Tim Balap McLaren telah dinyatakan positif mengidap COVID-19 dan keputusan tim untuk menarik diri dari Grand Prix Australia, FIA dan Formula 1 mengadakan pertemuan dengan sembilan prinsipal tim lainnya pada Kamis malam," tulis laman resmi F1, Jumat (13/3/2020).

"Diskusi itu diakhiri dengan pandangan mayoritas tim bahwa balapan tidak boleh dilanjutkan. FIA dan Formula 1, dengan dukungan penuh dari Grand Prix Corporation Australia (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Grand Prix Australia dibatalkan,” lanjut mereka.

"Kami menghargai ini adalah berita yang sangat mengecewakan bagi ribuan penggemar yang ingin menghadiri balapan dan semua pemegang tiket akan menerima pengembalian uang penuh dan pengumuman lebih lanjut akan dikomunikasikan pada waktunya,” tutup pernyataan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini