nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IBA Akan Godok Para Atlet Seni Bela Diri Campuran untuk Tampil di KHK MMA

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 43 2128798 iba-akan-godok-para-atlet-seni-bela-diri-campuran-untuk-tampil-di-khk-mma-4nPJ5kQIlD.jpg Dwi Badarmanto (Foto: Okezone)

JAKARTA – Brave atau KHK MMA akan melakukan deklarasi untuk ASEAN plus di Indonesia pada awal Desember 2019. Ketua Harian IBA MMA, Dwi Badarmanto menyatakan KHK MMA adalah jalur baru bagi para atlet-atlet beladiri campuran untuk menuai prestasi di level profesional.

IBA MMA nantinya akan mengirimkan atlet untuk berlaga di KHK MMA setelah melalui pembinaan terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui, IBA MMA adalah satu-satunya wadah yang menggodok para atlet bela diri amatir sebelum naik kelas ke profesional.

Dwi Badarmanto (Foto: Okezone)

IBA MMA masih dalam proses untuk masuk dalam naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) tetapi secara administrasi telah diakui keberadaannya. IBA MMA telah memiliki Pengda (Pengurus Daerah) guna menyaring bakat-bakat di daerah untuk tampil di Kejurnas (Kejuaraan Nasional) yang akan diadakan nantinya.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Tuan Rumah Deklarasi KHK MMA untuk ASEAN Plus

Setelah menuai prestasi di Kejurnas maka IBA MMA akan menyalurkan para atlet ke level profesional, salah satunya dengan berlaga di KHK MMA. KHK MMA sendiri adalah ajang yang sama bergengsinya dengan UFC (Ultimate Fighting Championship) tempat petarung terkenal seperti Khabib Nurmagomedov bernaung. Sekedar informasi, Khabib pun merupakan jebolan dari KHK MMA.

Dwi Badarmanto (Foto: Okezone)

“Kami sekarang lagi proses di KONI tetapi sudah dapatkan rekomendasi. Artinya kami sudah mendapatkan pengakuan KONI secara administrasi. Setelah diakui secara resmi maka baru masuk dari cabor (cabang olahraga). Nanti para atlet seni bela diri campuran amatir akan dibina IBA MMA sebelum masuk ke level profesional seperti KHK MMA,” ujar Dwi saat diwawancara Okezone, Selasa (12/11/2019).

Kemudian deklarasi KHK MMA yang akan berlangsung pada Desember 2019 nanti ditujukan untuk negara-negara ASEAN plus. Sebanyak 10 negara ASEAN akan hadir sedangkan ada enam atau tujuh negara tambahan yang ditargetkan ikut ambil bagian sehingga secara keseluruhan terdapat 16 atau 17 negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini