nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Jadi Tuan Rumah Deklarasi KHK MMA untuk ASEAN Plus

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 43 2128768 indonesia-jadi-tuan-rumah-deklarasi-khk-mma-untuk-asean-plus-CKEkampqkC.jpg Dwi Badarmanto (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua Harian IBA (Indonesia Beladiri Amatir) MMA (Mix Martial Arts), Dwi Badarmanto membawa kabar baik untuk pecinta olahraga Indonesia. Dwi menerangkan The Brave atau KHK (Khalid bin Hamad Al Khalifa) MMA (Mix Martial Arts) akan melakukan deklarasi di Indonesia pada awal Desember 2019.

KHK MMA merupakan salah satu penyelenggara tarung seni beladiri campuran seperti UFC (Ultimate Fighting Championship). KHK MMA didirikan oleh anggota kerajaan Bahrain, Pangeran Khalid bin Hamad Al Khalifa pada Februari 2015. Sementara itu, CEO dari KHK MMA adalah eks petarung, Mohammed Shahid.

Mohammed Sahid, Khalid bin Hamad Al Khalifa dan Khabib Nurmagomedov (Foto: Twitter/@bravemmaf)

Dwi menerangkan Pangeran Khalid ingin melakukan deklarasi di Indonesia karena rasa nyaman. Pangeran Khalid sudah beberapa kali datang ke Indonesia seperti saat menonton acara KHK MMA yang berlangsung di Balai Kartini pada 2018 ataupun bertemu dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

BACA JUGA: Kejuaraan Indonesia Asia Taekwondo Hanmadang Championship 2019 Siap Digelar

Dalam setiap kesempatan itu, Pangeran Khalid selalu menemukan rasa nyaman serta antusias yang tinggi terhadap MMA. MMA memang sedang naik daun di Indonesia terutama setelah Khabib Nurmagomedov meraih kemenangan atas Conor McGregor pada tahun lalu. Sekedar informasi, Khabib juga merupakan jebolan dari KHK MMA.

Kemudian Dwi juga menyatakan deklarasi itu diselenggarakan untuk negara-negara ASEAN plus. Disebut ASEAN plus karena ada beberapa negara di luar Asia Tenggara yang akan ikut ambil bagian. Untuk kawasan ASEAN ada 10 negara yang akan hadir sedangkan enam atau tujuh negara di luar Asia Tenggara ditargetkan untuk ikut berpartisipasi dalam deklarasi tersebut.

Dwi Badarmanto (Foto: Okezone)

Nantinya masing-masing Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) dari setiap negara ASEAN plus akan diundang untuk hadir dalam deklarasi tersebut. Dwi mengharapkan ada 300 peserta akan hadir serta terlibat dalam acara yang diperkirakan berlangsung pada awal Desember 2019 itu.

“Brave atau KHK MMA akan launching di Indonesia. Indonesia menjadi tempat deklarasi Brave atau KHK MMA untuk negara-negara ASEAN plus. ASEAN sudah pasti ada 10 negara dan untuk tambahannya seperti China serta Jepang kemungkinan akan berpartisipasi juga,” papar Dwi saat diwawancara Okezone, Selasa (12/11/2019).

“Perkiraaan ada 16 atau 17 negara karena tambahannya ada enam atau tujuh. Nanti kita undang Menpora dari masing-masing negara sehingga diharapkan bisa hadir 300 peserta saat deklarasi itu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini