nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir F1 GP Amerika Serikat, Dominasi Hamilton

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 19:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 37 2124269 5-pemenang-terakhir-f1-gp-amerika-serikat-dominasi-hamilton-HQFDS6PEic.jpg Lewis Hamilton. (Foto: AFP)

PARA pembalap Formula One (F1) akan kembali beraksi pada akhir pekan ini dalam Grand Prix (GP) Amerika Serikat. Dalam balapan kali ini, pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, pun berpeluang menyegel gelar juara keenamnya di ajang F1.

Hal ini bisa terjadi karena torehan poin Hamilton sudah terpaut begitu jauh dari rekan setimnya, yakni Valtteri Bottas, yang mengekor di tempat kedua. Hanya dengan lima poin tambahan, The Boss –julukan Hamilton– bisa dipastikan menjadi jawara pada musim ini.

Meski hanya membutuhkan sedikit poin, Hamilton dipastikan tetap membidik hasil maksimal di gelaran F1 GP Amerika Serikat 2019. Tekad tersebut pun dipastikan dapat berjalan mulus karena Hamilton memiliki catatan yang apik kala mentas di seri Amerika Serikat.

Sebelum menilik hasil di F1 GP Amerika Serikat 2019, mari mengetahui pembalap yang berhasil memenangkan balapan di seri ini dalam beberapa tahun terakhir. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Kamis (31/10/2019), berikut lima pemenang terakhir F1 GP Amerika Serikat 2019.

5. Lewis Hamilton

Pada gelaran F1 GP Amerika Serikat 2014, Hamilton berhasil menyegel podium pertama. Ia dipastikan keluar sebagai pemenang di seri ini setelah menyelesaikan perlombaan yang berlangsung selama 56 lap itu dengan catatan waktu 1 jam 40 menit 4,785 detik.

Lewis Hamilton

Kemenangan diraih Hamilton saat memulai perlombaan hanya dari posisi kedua. Tetapi, berkat strategi yang apik, pembalap asal Inggris itu bisa mengalahkan rekan setimnya, yakni Nico Rosberg, yang memulai lomba dari urutan pole position.

Rosberg pun akhirnya harus puas hanya bertengger di posisi kedua dengan catatan waktu terpaut 4,314 detik dari Hamilton. Di posisi ketiga, ada pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo. Ia memiliki catatan waktu yang terpaut 25,560 detik dari Hamilton.

4. Lewis Hamilton

Tren positif Hamilton di Circuit of the Americas (COTA) yang menjadi arena balapan F1 GP Amerika Serikat ini berlanjut ke tahun berikutnya. Ia kembali berhasil menempati podium pertama di GP Amerika Serikat setelah mencatatkan waktu terbaik, yakni 1 jam 50 menit 52,703 detik.

Lewis Hamilton

Kala itu, Hamilton kembali terlibat persaingan ketat dengan Rosberg untuk meraih kemenangan di Amerika Serikat. Rekan setim Hamilton itu pun akhirnya harus puas hanya finis di urutan kedua dengan catatan waktu terpaut 2,850 detik dari Hamilton.

Sementara itu, podium ketiga ditempati oleh pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman itu memiliki catatan waktu yang terpaut 3,381 detik dari Hamilton.

3. Lewis Hamilton

Hamilton sukses mencatatkan meraih hattrick kemenangan di GP Amerika Serikat pada 2016. Ia kembali melanjutkan dominasinya di COTA dengan keluar sebagai pemenang setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 12,618 detik.

Lewis Hamilton

Kembali, Rosberg menjadi pesaing terberat Hamilton untuk merengkuh kemenangan di GP Amerika Serikat. Tetapi, Rosberg lagi-lagi gagal mengalahkan Hamilton dan harus puas hanya bertengger di podium kedua.

Podium ketiga sendiri diisi oleh Daniel Ricciardo yan kala itu masih memperkuat Red Bull Racing. Ia berhasil menempati podium ketiga setelah mencatatkan waktu yang terpaut 19,692 detik dari Hamilton.

2. Lewis Hamilton

Hamilton benar-benar menunjukkan ketangguhannya di COTA dengan kembali meraih kemenangan di seri tersebut pada 2017. Ini membuatnya mencatatkan empat kemenangan beruntun dalam seri tersebut.

Lewis Hamilton

Kali ini, Hamilton pun memenangi balapan di Amerika Serikat dengan catatan waktu yang jauh lebih apik dari sebelumnya. Ia finis terdepan dengan catatan waktu terpaut 1 jam 33 menit 50,991 detik. Tahun tersebut, Hamilton pun tak lagi bersaing dengan Rosberg untuk meraih kemenangan. Sebab, sang pembalap sudah tak lagi berlaga di ajang F1 karena memutuskan untuk pensiun setelah berhasil menyegel gelar juara pada 2016.

Hamilton bersaing dengan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Ia finis di urutan kedua dengan catatan waktu terpaut 10,143 detik. Di belakang Vettel, ada rekan setimnya yakni Kimi Raikkonen.

1. Kimi Raikkonen

Pada 2018, dominasi Hamilton di COTA akhirnya berhenti. Tren positifnya berhasil diputus oleh Kimi Raikkonen yang kala itu masih menunggangi mobil Ferrari. Ia keluar sebagai pemenang di F1 GP Amerika Serikat 2018 setelah mencatatkan waktu 1 jam 34 menit 18,643 detik.

Kimi Raikkonen

Hamilton sendiri harus puas hanya bertengger di podium ketiga. Ia mencatatkan waktu yang terpaut 2,342 detik dari Hamilton. Sementara itu, podium kedua ditempati oleh pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini