nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Wakil Terakhir Indonesia yang Juara Denmark Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 12:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 15 40 2117074 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-juara-denmark-open-WlsIvo7nal.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juara Denmark Open 2018. (Foto: Laman resmi PBSI)

KOMPETISI bulu tangkis bergengsi di kalender BWF, Denmark Open, bakal kembali digelar pada akhir pekan ini. Perlombaan bulu tangkis berlevel Super 750 ini akan mulai berlangsung pada hari ini, Selasa (15/10/2019) hingga Minggu 20 Oktober 2019.

Para pebulu tangkis tersohor di Tanah Air pun dipastikan bakal turut tampil di ajang Denmark Open 2019. Nama-nama seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Anthony Sinisuka Ginting, hingga Jonatan Christie turut tampil. Gelar juara tentu saja diharapkan bisa diraih oleh para wakil Indonesia.

Sebelum melihat perjuangan para wakil Indonesia di Denmark Open 2019, mari menilik beberapa pebulu tangkis Tanah Air yang sudah berhasil meraih gelar juara di ajang tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019), berikut lima wakil terakhir Indonesia yang juara Denmark Open.

5. Ricky Subagja/Rexy Mainaky

Di urutan kelima, ada nama pasangan ganda putra Indonesia, Ricky Subagja/Rexy Mainaky, yang telah mencicipi manisnya bertengger di podium pertama Denmark Open. Hal tersebut terjadi pada gelaran 1998.

Ricky Subagja/Rexy Mainaky

Kala itu, Ricky/Rexy harus dihadapkan dengan rekan senegaranya, yakni Eng Hian/Flandy Limpele, di partai final. Tetapi, laga bisa diselesaikan Ricky/Rexy dengan begitu manis, dengan skor akhir 15-11 dan 15-6.

Gelar juara ini Ricky/Rexy pun menjadi satu-satunya yang diraih Indonesia di ajang Denmark Open 1998. Sebagian besar gelar diraih oleh tuan rumah, DenmarK. Mereka berhasil menyegel tiga gelar dari nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran.

4. Eng Hian/Flandy Limpele

Setelah menelan pilu pada 1998, pasangan ganda putra Indonesia, Eng Hian/Flandy Limpele, akhirnya bisa menuai hasil manis dua tahun kemudian. Mereka memastikan diri keluar sebagai jawara Denmark Open pada 2000.

Fandy Limpele

Gelar juara ini diraih setelah Eng/Flandy menumbangkan ganda putra tuan rumah, Jens Eriksen/Jeseper Larsen. Pertandingan diselesaikan Eng/Flandy dua set langsung dengan skor akhir 15-13 dan 15-10.

Sama seperti dua tahun sebelumnya, ini juga menjadi satu-satunya gelar juara yang didapat Indonesia di Denmark Open 2019. Empat gelar juara lainnya didapat oleh China dan Denmark yang masing-masing mengantongi dua gelar.

3. Tri Kusharjanto/Emma Ermawati

Setahun kemudian, Indonesia kembali berhasil menuai hasil manis di pentas Denmark Open. Tetapi kali ini, gelar juara tak didapat dari nomor ganda putra, melainkan dari ganda campuran lewat pasangan Tri Kusharjanto/Emma Ermawati.

Tri/Emma berhasil naik podium pertama di Denmrk Open 2001 setelah bertarung sengit melawan ganda campuran Inggris, Nathan Robertson/Gail Emms. Laga kala itu berakhir dengan skor 7-5, 7-1, dan 7-4.

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

Setelah absen selama enam tahun, Indonesia akhirnya bisa kembali mengukir prestasi gemilang di Denmark Open. Pada gelaran Denmark Open 2008, gelar juara kembali berhasil diraih Indonesia lewat penampilan pasangan ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Markis/Hendra tampil begitu gemilang di pentas Denmark Open 2008 sehingga mengantarkan mereka lolos ke babak final. Tren positif mereka pun berhasil berlanjut ke babak final dengan mengalahkan ganda putra China, Fu Haifeng/Shen Ye, secara straight set dengan skor akhir 21-18 dan 21-19.

Sebenarnya, Indonesia berhasil meloloskan dua wakil ke babak final Denmark Open 2008. Sayangnya, satu wakil lainnya di nomor ganda putri, yakni Rani Mundiasto/Jo Novita, gagal meraih gelar juara setelah takluk dari wakil Malaysia, Chin Eei Hui/Wong Pei Tty, dengan skor 21-23 dan 12-21.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Terakhir, ada nama ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Gelar juara di pentas Denmark Open berhasil diraih Marcus/Kevin pada 2018. Mereka berhasil melanjutkan tren positif ganda putra Indonesia di ajang tersebut.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Di partai final, Marcus/Kevin harus berhadapan dengan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Laga bisa diselesaikan dengan cukup mudah oleh The Minnions –julukan Marcus/Kevin– yang mengakhirinya dengan skor 21-15 dan 21-16.

Pada tahun tersebut, gelar juara Marcus/Kevin menjadi satu-satunya yang diraih oleh Indonesia. Kini, mereka pun memiliki peluang besar mempertahankan gelar juaranya di ajang Denmark Open 2019.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini