nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Kualifikasi F1 GP Jepang 2019 Dibatalkan, Bottas Start Terdepan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 12 37 2116076 jika-kualifikasi-f1-gp-jepang-2019-dibatalkan-bottas-start-terdepan-2zm1UiknZX.jpg Valtteri Bottas dari Tim Mercedes AMG Petronas akan start terdepan jika Kualifikasi F1 GP Jepang 2019 dibatalkan (Foto: Mercedes AMG Petronas)

SUZUKA – Terjangan Topan Hagibis membuat ajang balapan Formula One (F1) GP Jepang 2019 ikut terkena imbasnya. Seluruh kegiatan pada Sabtu (12/10/2019), yakni sesi latihan bebas tiga (FP3) dibatalkan, sementara kualifikasi ditunda pada Minggu 13 Oktober pagi WIB.

Walau jadwal revisi sudah dikeluarkan, Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) tetap mewaspadai adanya kemungkinan terjangan Topan Hagibis pada pagi hari. Apabila itu terjadi, maka sesi kualifikasi yang menentukan posisi start untuk balapan, akan dibatalkan.

Duo Mercedes AMG Petronas menguasai baris terdepan di FP2 (Foto: Mercedes AMG Petronas)

Baca juga: Hasil Sesi Latihan Bebas 2 F1 GP Jepang 2019

Sebagai gantinya, hasil pada sesi latihan bebas dua (FP2) akan dipakai untuk menentukan posisi start. Prosedur tersebut sudah sesuai International Sporting Code milik FIA apabila terjadi insiden yang mengganggu jalannya pekan balapan.

“Mengingat ramalan cuaca buruk untuk akhir pekan, dan mencatat bahwa Peraturan FIA Formula One tidak membahas masalah ini, pengawas balapan sudah memeriksa metode untuk menentukan posisi start pada F1 GP Jepang 2019 jika kondisi cuaca menghalangi kualifikasi,” bunyi pernyataan resmi pengawas balapan, dinukil dari Crash, Sabtu (12/10/2019).

“Jika hal ini terjadi, maka pengawas balapan akan menggunakan wewenang berdasarkan Pasal 11.9.3.b dari International Sporting Code dan menyatakan posisi start F1 GP Jepang 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil sesi latihan bebas dua beserta penalti jika ada,” tutup pernyataan tersebut.

Max Verstappen melaju di Sirkuit Internasional Suzuka (Foto: Red Bull Racing)

Seandainya kualifikasi dibatalkan dan memakai hasil FP2, maka Valtteri Bottas akan menempati urutan start terdepan, disusul Lewis Hamilton, dan Max Verstappen. Posisi start tersebut bakal menguntungkan Tim Mercedes AMG Petronas yang berpotensi mengunci gelar juara dunia konstruktor di Sirkuit Suzuka.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini