nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Faktor Cuaca, Hasil Sesi Latihan Bebas 2 Kemungkinan Jadi Penentu Starting Grid F1 GP Jepang 2019

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 13:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 37 2115652

SUZUKA – Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) mengkorfirmasi kalau hasil sesi latihan bebas kedua (FP2) F1 GP Jepang 2019 bisa menjadi penentu posisi pembalap untuk balapan akhir pekan nanti, jika diperlukan. Keputusan tersebut dikeluarkan pihak FIA terkait kondisi cuaca di Sirkuit Internasional Suzuka yang diprediksi bakal semakin memburuk jelang akhir pekan nanti.

Sesi kualifikasi yang sejatinya digelar pada Sabtu 12 Oktober 2019 pun dipastikan ditunda akibat adanya bencana alam angin Topan Hagibis yang menerjang Jepang. Untuk itu, demi mengantisipasi kemungkinan terburuk, pihak FIA pun memutuskan kalau hasil sesi latihan bebas kedua nanti bisa menjadi penentu posisi pembalap pada balapan hari Minggu.

Baca juga: Kualifikasi F1 GP Jepang 2019 Ditunda Akibat Topan Hagibis

Sesi kualifikasi F1 GP Jepang 2019 terancam batal

“Mengingat ramalan cuaca buruk untuk akhir pekan, dan mencatat bahwa Peraturan Olahraga Formula Satu FIA tidak membahas masalah ini, Steward telah memeriksa metode untuk membuat kisi-kisi untuk Grand Prix Jepang 2019, jika kondisi cuaca menghalangi memegang Kualifikasi Sesi latihan,” tulis pihak FIA, melansir dari laman Crash, Jumat (11/10/2019).

"Jika kemungkinan ini terjadi, para Steward akan menggunakan wewenang mereka berdasarkan Pasal 11.9.3.b dari International Sporting Code dan mengarahkan bahwa kisi-kisi untuk Grand Prix Jepang akan dibentuk berdasarkan Klasifikasi Sesi Latihan Kedua, dengan hukuman apa pun diterapkan seperlunya,” lanjutnya.

Sesi kualifikasi F1 GP Jepang 2019 terancam batal

Sebelumnya, peraturan menyatakan bahwa jika tidak ada sesi kualifikasi yang terjadi, hasil dari sesi latihan bebas ketiga akan digunakan. Akan tetapi, tanpa FP3 yang berlangsung akhir pekan ini, peraturan telah diubah sehingga FP2 akan mengatur grid jika perlu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini