nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir F1 GP Belgia

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 19:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 29 37 2098301 5-pemenang-terakhir-f1-gp-belgia-n0kJgx3qq9.jpg Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. (Foto: Twitter F1)

SETELAH rehat selama hampir sebulan dalam jeda paruh musim, perlombaan di Formula One (F1) 2019 akan kembali bergulir pada akhir pekan ini. Kali ini, Lewis Hamilton dan pembalap lainnya bakal beradu kecepatan di F1 Grand Prix (GP) Belgia 2019. Balapan akan digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu 1 September 2019 malam WIB.

Nama beberapa pembalap tentu saja dijagokan untuk meraih kemenangan di seri ke-13 F1 2019 ini. Selain karena telah tampil impresif di sepanjang musim ini, nama mereka juga difavoritkan untuk jadi pemenang karena pernah memiliki catatan apik saat mentas di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Sebelum mengetahui pemenang di GP Belgia 2019, mari menilik bersama nama-nama pembalap yang sudah naik podium pertama dalam beberapa tahun terakhir. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima pemenang terakhir F1 GP Belgia.

5. Daniel Ricciardo

Di urutan kelima, ada nama pembalap asal Australia, Daniel Ricciardo. Ia pernah merasakan bangganya naik podium pertama di Sirkuit Spa-Francorchamps. Hal ini terjadi pada gelaran F1 GP Belgia 2014.

Daniel Ricciardo

Kala itu, Ricciardo yang masih memperkuat tim Red Bull Racing bisa tampil begitu tangguh. Memulai balapan dari urutan kelima, Ricciardo bisa keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 36,556 detik.

Ia berhasil mengalahkan pembalap Mercedes, Nico Rosberg, yang menempati pole position di grid kala itu. Catatan waktu Ricciardo unggul hingga 3,383 detik dari Rosberg yang akhirnya finis di posisi kedua. Podium ketiga pun ditempati oleh Valtteri Bottas yang masih memperkuat tim Williams Mercedes.

4. Lewis Hamilton

Selanjutnya, ada nama pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris itu sudah beberapa kali naik podium pertama di F1 GP Belgia. Salah satunya didapat pada musim 2015.

Langkah Mercedes untuk meraih kemenangan pada musim tersebut tak menemui jalan terjal. Memulai balapan dari posisi terdepan, Hamilton bisa secara konsisten menjaga posisinya sehingga finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 23 menit 40,387 detik.

Lewis Hamilton

Podium kedua di gelaran F1 GP Belgia 2015 diisi oleh rekan setim Hamilyon, yakni Nico Rosbeg. Catatan waktunya terpaut 3,058 detik dengan Hamilton. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh pembalap Romain Grosjean.

3. Nico Rosberg

Setelah dua musim sebelumnya gagal naik podium pertama, Nico Rosberg akhirnya bisa meraih kemenangan di GP Belgia pada gelaran musim 2016. Ia keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 44 menit 51,058 detik.

Nico Rosberg

Laju pembalap asal Jerman itu untuk merebut kemenangan di F1 GP Belgia 2016 begitu mulus. Memulai balapan dari pole position, Rosberg dapat konsisten menjaga posisinya sehingga keluar sebagai pemenang.

Sementara itu, podium kedua F1 Belgia 2016 diisi oleh pembalap Tim Red Bull Racing, Daniel Ricciardo. Kemudian, rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, finis di urutan ketiga dengan catatan waktu yang terpaut hingga 27,634 detik dari Rosberg.

2. Lewis Hamilton

Di urutan kedua, kembali berjejer nama Lewis Hamilton. Ia kembali berhasil naik podium pertama pada gelaran F1 GP Belgia 2017. The Boss –julukan Hamilton– keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 42,820 detik.

Lewis Hamilton

Laju Hamilton untuk merebut kemenangan kali ini juga begitu mulus. Ia telah tampil begitu tangguh sejak sesi kualifikasi sehingga berhasil merebut pole position. Kondisi ini pun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Hamilton sehingga dapat merebut kemenangan.

Kali ini, podium kedua ditempati oleh driver Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, yang mencatatkan waktu terpaut 2,358 detik dari Hamilton. Selanjutnya, posisi kedua diisi oleh pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo.

1. Sebastian Vettel

Terakhir, ada nama pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. Ia keluar sebagai pemenang di GP Belgia pada musim lalu setelah bertarung melawan pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton.

Sebastian Vettel

Vettel memang tampil begitu tangguh di seri ini. Memulai balapan dari urutan kedua, ia berhasil menyalip Hamilton yang berada di depannya. Posisi ini terus dipertahankan pembalap asal Jerman itu hingga menyentuh garis finis. Hamilton pun harus puas hanya finis di urutan kedua.

Kemenangan ini jadi yang terakhir diraih Vettel di ajang F1. Setelah gelaran F1 GP Belgia 2019, ia belum berhasil kembali merebut kemenangan. Torehan terbaiknya sejauh ini hanyalah finis di urutan kedua.

1
5
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini