nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir MotoGP Belanda, Nomor 3 Muncul Kejutan

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 19:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 25 38 2070814 5-pemenang-terakhir-motogp-belanda-nomor-3-muncul-kejutan-Afsz5e3Sr8.jpg Valentino Rossi dan Marc Marquez. (Foto: Laman resmi MotoGP)

BALAPAN di ajang MotoGP 2019 akan kembali di gelar pada akhir pekan ini. Pada seri kedelapan MotoGP 2019, Marc Marquez dan pembalap lainnya akan melakoni balapan di Sirkuit Assen, Belanda, pada Minggu 30 Juni 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

Ada beberapa pembalap yang dijagokan keluar sebagai pemenang pada balapan kali ini. Hal tersebut tentu saja terjadi karena beberapa hal, mulai dari tren positif yang tengah menggandrungi mereka hingga rekam jejak yang baik tiap kali mentas di Sirkuit Assen.

Sebelum rangkaian MotoGP Belanda 2019 dimulai, ada baiknya menilik terlebih dahulu pembalap-pembalap yang pernah merengkuh kemenangan di seri ini. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima pemenang terakhir MotoGP Belanda 2019.

5. Marc Marquez

Di urutan kelima, ada nama pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut berhasil merengkuh kemenangan di Sirkuit Assen pada tahun keduanya mentas di ajang MotoGP.

Podium MotoGP Belanda 2014

Langkah Marquez terbilang cukup mulus untuk merebut kemenangan di MotoGP Belanda 2014. Memulai balapan dari urutan kedua, ia berhasil merangsek ke depan, menggeser posisi Aleix Espargaro yang memimpin kala itu.

Usaha Marquez pun berbuah manis karena bisa mempertahankan kepemimpinannya hingga garis finis. Pembalap asal Spanyol itu pun bertengger di podium pertama setelah finis dengan catatan waktu 43 menit 29,954 detik. Sementara podium kedua sendiri ditempati oleh Andrea Dovizioso dan tempat ketiga diisi rekan setim Marquez, Dani Pedrosa.

4. Valentino Rossi

Pada gelaran MotoGP Belanda 2015, giliran pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang keluar sebagai pemenang. The Doctor –julukan Rossi– menyegel kemenangan setelah finis tercepat dengan catatan waktu 40 menit 54,037 detik.

Podium MotoGP Belanda 2015

Penampilan Rossi di Sirkuit Assen kala itu memang begitu apik. Ia telah menunjukkan ketangguhannya sejak sesi kualifikasi. Alhasil, ia dapat memulai balapan dari pole position. Kondisi ini pun dapat dimanfaatkan Rossi dengan baik sehingga menyegel kemenangan.

Kemenangan tersebut pun menambah panjang daftar tren positif Rossi di Sirkuit Assen. Saat kemenangan itu diraih, Rossi total telah enam kali menempati podium pertama pada seri tersebut di kelas MotoGP.

3. Jack Miller

Kejutan besar terjadi pada gelaran MotoGP Belanda 2016. Pada musim ini, nama baru muncul sebagai pemenang. Jack Miller untuk pertama kalinya berhasil meraih kemenangan di Sirkuit Assen pada kelas MotoGP. Kemenangan diraih kala dirinya masih memperkuat tim satelit Honda.

Podium MotoGP Belanda 2016

Penampilan Miller benar-benar menyedot perhatian publik kala itu. Bagaimana tidak, ia sejatinya memulai perlombaan dari posisi yang kurang apik, yakni tempat ke-18. Tetapi secara mengejutkan, pembalap berkebangsaan Australia itu bisa terus melaju dengan begitu cepat sehingga keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 22 menit 17,447 detik.

Miller berhasil menyingkirkan pembalap-pembalap top yang sebenarnya dijagokan menang dalam balapan kali ini, seperti Marquez hingga Rossi. Marquez sendiri harus puas hanya bertengger di podium kedua, sementara tempat ketiga diisi Scott Redding.

2. Valentino Rossi

Setelah semusim absen menang di Sirkuit Assen, Valentino Rossi akhirnya bisa kembali naik podium pertama pada musim 2017. Kemenangan dipastikan jadi milik Rossi setelah finis dengan catatan waktu 41 menit 41,149 detik.

Podium MotoGP Belanda 2017

Perjuangan yang cukup keras harus dilakukan Rossi untuk bisa menyegel kemenangan ini. Sebab, ia hanya memulai perlombaan dari posisi keempat. Tetapi, Rossi berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu penguasa Sirkuit Assen. Ia melesak begitu cepat ke depan, melewati Marquez, Danilo Petrucci, hingga Johann Zarco sampai akhirnya meraih kemenangan.

Kemenangan ini jadi yang ketujuh diraih Rossi di Sirkuit Assen pada kelas MotoGP. Setelah itu, pembalap asal Italia tersebut belum lagi naik podium pertama di Sirkuit Assen.

1. Marc Marquez

Terakhir, kembali muncul nama Marquez sebagai penguasa Sirkuit Assen. Peraih tujuh gelar juara tersebut kembali dapat menempati podium pertama di Sirkuit Assen pada gelaran MotoGP Belanda 2018.

Podium MotoGP Belanda 2018

Langkah Marquez untuk meraih kemenangan kali ini jauh lebih mulus dari sebelumnya. Sebab, ia dapat memimpin perlombaan sejak awal lantaran berhasil menyegel pole position. Posisi ini terus dipertahankan Marquez hingga menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 13,863 detik.

Podium kedua pada gelaran MotoGP Belanda 2018 sendiri ditempati oleh Alex Rins. Catatan waktu pembalap Suzuki Ecstar itu terpaut 2,269 detik dari Marquez. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh Maverick Vinales.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini