nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkena Penalti, Vinales Kecewa Start dari Posisi Ke-6

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 11:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 16 38 2066980 terkena-penalti-vinales-kecewa-start-dari-posisi-ke-6-mbvvJu0maD.jpg Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (Foto: Speedweek)

BARCELONA – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, harus mengalami nasib apes pada MotoGP Catalunya 2019. Meski meraih posisi ketiga di kualifikasi, tetapi ia akan start dari posisi keenam karena terkena penalti.

Vinales terganjar penalti karena ia dianggap membahayakan pembalap lain ketika Fabio Quartararo masih menjalani putaran terakhir di sesi kualifikasi. Pembalap tim satelit Yamaha itu bahkan hampir menabrak Vinales yang berjalan lambat.

Baca juga Raih Pole Position, Quartararo Bahagia Tak Dihantui Rasa Sakit

Akibat insiden tersebut, FIM Stewards Panel memutuskan untuk memberi penalti kepada Vinales. Rekan setim Valentino Rossi itu harus mundur tiga posisi karena terlalu lambat di tikungan 9 dan membahayakan pembalap lain.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

Kekecewaan jelas dirasakan Vinales. Ia sendiri tidak mengetahui adanya Quartararo yang masih menjalani putaran dengan kecepatan penuh. Pasalnya ia merasa sesi kualifikasi telah berakhir yang ditandai dengan berkibarnya bendera kotak-kotak.

“Saya kira bendera kotak-kotak sudah dikibaskan, jadi saya menyapa kepada orang-orang, melakukan wheelie dan segalanya. Saya tidak mengerti. Lalu saya melihat Fabio dan terlambat. Saya tidak tahu. Saya tidak menduganya karena saya pikir kualifikasi sudah berakhir. Saya tidak memeriksa layar. Seperti inilah jadinya,” ungkap Vinales, mengutip dari Motorsport, Minggu (16/6/2019).

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

“Jika saya melihat catatan waktu, dia tidak cepat. Dia tidak datang dalam lap terbaiknya. Yang pasti, saya membuat kesalahan itu benar. Saya kira kualifikasi sudah berakhir. Namun, banyak pembalap lain juga yang melakukan kesalahan di trek lain. Sehingga jika mereka menghukum saya, mereka juga harus menghukum pembalap lainnya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini