nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prinsipal Mercedes Maklum Lihat Vettel Luapkan Emosi di Parc Ferme

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 20:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 10 37 2065057 prinsipal-mercedes-maklum-lihat-vettel-luapkan-emosi-di-parc-ferme-USs9x3X0FV.jpg Sebastian Vettel mendorong mobilnya keluar dari parc ferme sebagai bentuk protes (Foto: F1/Twitter)

MONTREAL – Prinsipal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, bersimpati atas kekecewaan yang dirasakan pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, di Formula One (F1) GP Kanada 2019. Namun, ia tetap mendukung langkah yang dilakukan steward untuk menjatuhkan hukuman tambahan waktu lima detik kepada pembalap asal Jerman itu.

Sebastian Vettel gagal menang di Sirkuit Gilles Villeneuve, Kanada, Senin (10/6/2019) dini hari WIB meski melintasi garis finis lebih dulu. Sebab, pria berusia 31 tahun itu dikenai penalti lima detik yang ditambahkan dari total catatan waktunya selama 70 putaran.

Celakanya, jarak Vettel dengan Lewis Hamilton hanya 1,3 detik. Dengan tambahan waktu tersebut, maka pembalap Mercedes AMG Petronas itu lah yang berhak menduduki podium teratas. Juara dunia F1 empat kali itu lantas meluapkan kemarahannya di parc ferme.

Sebastian Vetel menukar papan bernomor 1 (Foto: F1/Twitter)

(Baca juga: Prinsipal Ferrari: Kami Pemenang Sesungguhnya di GP Kanada)

Melihat tingkah laku Vettel, Toto Wolff hanya bisa maklum dan bersimpati. Pria berusia 47 tahun itu juga akan melakukan hal yang sama jika kesialan menimpanya. Namun, ia memuji steward di Sirkuit Gilles Villeneuve yang mampu menegakkan aturan dan bertugas dengan baik.

“Sebastian berhak untuk menunjukkan kemarahan, bahkan jika dia merasa penalti adalah konsekuensi atas tindakannya. Jika saya yang berada di posisinya, saya akan tendang papan itu dan melemparnya ke mobil,” papar Toto Wolff mengomentari aksi Sebastian Vettel menukar papan nomor 1 dan 2, melansir dari Crash, Senin (10/6/2019).

“Emosi adalah hal yang logis. Dalam semua pengambilan keputusan selalu ada yang kontroversial. Tentu pendapat ini sedikit bias karena saya petinggi Mercedes, tetapi peraturan mengatakan Anda harus memberi ruang minimal selebar mobil ketika keluar lintasan. Menurut saya, insting Vettel bereaksi untuk menjaga posisinya dan mungkin itu terlalu berlebihan,” imbuh pria berkebangsaan Austria itu.

Toto Wolff

Toto Wolff lantas menambahkan, para steward harus didukung dalam melakukan tugasnya. Ia mengaku siap untuk menerima semua keputusan yang diambil oleh steward terkait jalannya balapan, entah itu akan menguntungkan Mercedes atau bahkan merugikan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini