nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Leclerc Bingung dengan Strategi Ferrari, Begini Penjelasan Binotto

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 07:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 01 37 2050084 leclerc-bingung-dengan-strategi-ferrari-begini-penjelasan-binotto-WicYPTWT3L.jpg Pit stop untuk Charles Leclerc dinilai sangat terlambat (Foto: F1/Twitter)

BAKU – Prinsipal Scuderia Ferrari, Mattia Binotto, akhirnya membela strategi yang dipakai timnya terhadap Charles Leclerc di Formula One (F1) GP Azerbaijan 2019. Pria asal Italia itu mengatakan, tidak ada yang salah dengan strategi tersebut meski memang sedikit berjudi.

Charles Leclerc memulai balapan dari posisi 10 dengan menggunakan ban medium. Pria asal Monaco itu sukses merebut posisi terdepan pada putaran ke-13 ketika pembalap lain sudah mengganti ban di pit. Alih-alih dipanggil masuk pit, Ferrari justru membiarkan Leclerc terus melaju dengan ban tersebut hingga lap ke-44.

Akibatnya, posisi Charles Leclerc perlahan melorot hingga finis di urutan kelima. Sang pembalap mengaku bingung dengan strategi yang diterapkan timnya. Mattia Binotto lantas menjernihkan suasana dengan memberikan pembelaan.

Charles Leclerc

(Baca juga: Leclerc Bingung dengan Strategi Ferrari di F1 GP Azerbaijan 2019)

“Kami sudah membahas masalah tersebut seusai balapan. Mungkin saja hasilnya berbeda jika kami mengambil perjudian yang berbeda, mungkin dengan pit lebih awal atau mencoba bertahan selama mungkin dengan ban medium,” tutur Mattia Binotto, mengutip dari Crash, Rabu (1/5/2019).

“Menurut saya, Anda selalu bisa membahas strategi itu setelah balapan. Secara umum kami tidak melakukan kesalahan apa pun,” imbuh pria berusia 49 tahun tersebut.

Mattia Binotto (Foto: Scuderia Ferrari/Twitter)

Meski gagal memenangi balapan, strategi tersebut membuahkan hasil berupa catatan waktu tercepat yang dicetak Charles Leclerc pada putaran ke-50. Catatan waktu 1 menit 43,009 detik tersebut berbuah tambahan satu poin bagi Leclerc sesuai regulasi baru.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini