Share

Ducati Gunakan Komponen Ilegal di Losail, Brivio: Mereka Melanggar Kesepakatan Bersama!

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 38 2031708 ducati-gunakan-komponen-ilegal-di-losail-brivio-mereka-melanggar-kesepakatan-bersama-ZA4FyAoYzP.jpg Andrea Dovizioso (Foto: motogp.com)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, nampaknya masih sangat kesal dengan keputusan Ducati memasang komponen ilegal ketika menjalani balapan perdana MotoGP musim 2019 di Qatar. Brivio menilai bahwa hal itu membuat Tim Ducati telah melanggar kesepakatan bersama yang telah ditetapkan.

Sebagaimana diketahui, terdapat empat tim yang menuduh Tim Ducati menggunakan komponen ilegal kala tampil di Sirkuit Losail beberapa waktu lalu. Mereka mempermasalahkan winglet yang terpasang di bagian depan ban belakang motor Ducati pada MotoGP Qatar.

Andrea Dovizioso

Keempat tim tersebut menduga winglet tersebut untuk membantu mendinginkan ban belakang, yang mana hal tersebut merupakan ilegal. Akan tetapi protes keempat tim tersebut mendapatkan reaksi negatif dari FIM –selaku penyelengara MotoGP.

Baca Juga: Dituding Gunakan Perangkat Ilegal, Bos Ducati: Kenapa Baru Protes Usai Balapan?

Respons negatif FIM tersebut pun membuat Brivio merasa sangat gusar. Padahal Brivio memiliki cukup bukti bahwa komponen yang digunakan tersebut adalah ilegal, karena telah melanggar kesepakatan seluruh tim sebelum MotoGP 2019 berlangsung.

Davide Brivio

“Tahun lalu, semua tim menyepakati aturan pembatasan biaya pengembangan aerodinamika. Keputusannya, yang akhirnya menjadi regulasi baru,” ucap Brivio, seperti dikutip dari GP-Paddock, Senin (18/3/2019).

“Adalah setiap pabrikan harus mengajukan satu set perangkat aerodinamka sebelum musim dimulai. dengan satu update yang diperbolehkan dalam semusim. Dinyatakan pula motor tak boleh dapat perangkat tambahan yang bisa menghasilkan downforce,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini