Image

Lorenzo Komentari Insiden Marquez-Rossi di MotoGP Argentina 2018

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 14:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 13 38 1886235 lorenzo-komentari-insiden-marquez-rossi-di-motogp-argentina-2018-p7rL7rn1FK.jpg Pembalap Tim Ducati, Jorge Lorenzo (Foto: Peter Parks/AFP)

MADRID – Pembalap Tim Ducati, Jorge Lorenzo, ikut mengomentari insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP Argentina 2018 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Lorenzo menilai, Race Direction harus melakukan tugasnya dengan lebih profesional.

Juara Dunia MotoGP tiga kali itu kecewa dengan Race Direction yang dinilai tidak tegas saat memberikan hukuman kepada Marquez yang membuat berbagai pelanggaran di GP Argentina.

Lorenzo juga mengatakan, aksi membahayakan Marquez dari awal hingga akhir balapan harus diberikan hukuman yang sesuai. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu sudah terkena ride through penalty di awal balapan. Sebelum race dimulai, Motor rider Tim Honda itu mengalami mati mesin. Marquez pun berinisiatif untuk mendorong motornya berharap mesin dapat kembali menyala.

BACA JUGA: Pol Espargaro: MotoGP Argentina 2018 Begitu Rumit!

Tindakan Marquez itu mendapat teguran dari pihak panitia MotoGP. Berdasarkan regulasi, pembalap yang kendaraannya mogok harus memulai balapan dari pit lane. Namun, The Baby Alien tidak mengindahkan teguran tersebut, dan tetap memulai balapan dari grid.

Lalu insiden lain adalah ketika Marquez bersenggolan dengan pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan terakhir insiden yang menyebabkan terjatuhnya pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

“Kontak berbahaya seperti itu seharusnya tidak ada dalam olahraga ini. Dalam olahraga yang berisiko seperti MotoGP, panitia penyelenggara harus tegas. Berbeda dalam sepakbola, kontak fisik bukan masalah. Ini sama seperti saat wasit tidak mengeluarkan kartu kuning dan merah ketika ada pemain yang melanggar, dan pemain bisa bermain pada pertandingan berikutnya, dan seterusnya,” ujar Lorenzo dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (13/4/2018).

BACA JUGA: Ayah Lorenzo Ungkap Hubungan sang Anak dengan Dovizioso

Meski sudah mendapatkan hukuman ride through dan penalti 30 detik, banyak pihak mendesak Race Direction untuk memberikan hukuman tambahan kepada Marquez. Race Director, Mike Webb, saat ini sedang mengkaji lebih dalam, apakah akan memberikan ganjaran tambahan kepada Marquez atau tidak.

Webb berjanji, jadi atau tidaknya Marquez diberikan hukuman akan diumumkan sebelum seri ketiga MotoGP 2018 digelar. Selanjutnya, balapan akan dilangsungkan di Amerika Serikat dan digelar di Circuit of the America (COTA) pada Senin 23 April 2018 dini hari WIB.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini