Image

Erick Thohir: Panitia Siapkan Alternatif Transportasi Test Event Asian Games 2018

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 18:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 09 43 1857297 erick-thohir-panitia-siapkan-alternatif-transportasi-test-event-asian-games-2018-4Aj8Oj0Txv.jpg Erick Thohir (Foto: Deden Rochman Saputro/Okezone)

JAKARTA - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyiapkan alternatif transportasi bagi jajaran atlet dan official peserta test event yang berlangsung di Jakarta, 8-15 Februari 2018. Kemacetan Jakarta menjadi sorotan utama panitia untuk mengatur keberangkatan dan kedatangan kontingen yang terdaftar.

Ketua panitia Asian Games 2018, Erick Thohir, mengatakan sejumlah alternatif telah disiapkan untuk mengatasi permasalahan transportasi selama test event. Sistem transportasi tersebut akan dijadikan pacuan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus.

Thohir menyampaikan panitia akan menyediakan jalan khusus bagi atlet Asian Games 2018. Hal itu dilakukan untuk memudahkan akses atlet dan official menuju venue perlombaan dan wisma atlet.

Baca juga Perenang Siman Sudartawa Jalani Latihan di Luar Negeri Jelang Asian Games 2018

Dijelaskan Thohir, panitia Asian Games 2018 akan mengambil dua langkah berkenaan dengan transportasi. Pertama, terdapat jalan Asian Games lines yang diusahakan selama 40 menit perjalanan dari athlete village menuju venue. Kedua, dipilih jalur tol selama 30 menit.

Namun, pada hari pertama test event terjadi kendala di mana melalui akses tol bisa mencapai satu jam. Hal itu disebabkan kemacetan dan kondisi cuaca Jakarta yang diguyur hujan.

Baca juga PB IKASI Siap Umumkan Atlet yang Tampil di Asian Games 2018

"Untuk akses transportasi atlet dan jajaran tim official, kami kerahkan lebih banyak gunakan tol. Panitia tetap ambil dua alternatif jalan Asian Games lines dengan waktu 40 menitan dan tol bisa 27 menit sesuai uji coba. Karena hujan dan macet bs smpe sejam walau pake tol," kata Erick Thohir, dalam konferensi pers di Hotel Century, Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Terkait Test Event Asian Games, Thohir menuturkan panitia ingin mendeteksi beberapa hal yang masih menjad kekurangan jelang Asian Games 2018. Ia pun telah mengadakan pembicaraan dengan federasi internasional dalam menyiapkan multievent olahraga empat tahunan tersebut.

"Fungsi test event untuk mendeteksi apa kekurangan kami sebagai panitia, venue, dan lainnya. Kami pun adakan kerjasama dengan internasional federasi untuk menyiapkan penyelenggaran Asian Games berjalan dengan baik," ungkapnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini