Ada Menteri KKP Edhy Prabowo di Balik 14 Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 43 2315762 ada-menteri-kkp-edhy-prabowo-di-balik-14-medali-emas-indonesia-di-asian-games-2018-W1ltLorjux.jpg Edhy Prabowo. (Foto: Instagram/@edhy.prabowo)

JAKARTA – Nama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia, Edhy Prabowo, kini tengah menjadi sorotan karena dikabarkan ditangkap Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari WIB. Sebelum menjadi Menteri KKP, Edhy sendiri diketahui turut memegang peranan di dunia olahraga Indonesia.

Tepatnya, Edhy berkecimpung di cabang olahraga (cabor) pencak silat. Pria berusia 47 tahun itu bahkan ada di balik raihan 14 medali emas Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Pencak silat Asian Games 2018

Edy diketahui mengemban jabatan sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) kala Asian Games 2018 diselenggarakan. Wakil Indonesia di cabor pencak silat dalam ajang itu pun diketahui sangat bersinar.

BACA JUGA: Sebelum Jadi Menteri KKP, Edhy Prabowo Pernah Jadi Atlet Silat

Bahkan, ada total 14 medali emas yang bisa diborong Indonesia dari cabor pencak silat. Enam medali emas didapat dari nomor pertandingan seni, sementara delapan lainnya didapat di nomor tanding.

Berkat pencapaian manis wakil di cabor pencak silat ini, kontingen Indonesia pun bisa menempati posisi apik di klasemen raihan medali Asian Games 2018. Indonesia menempati urutan keempat di klasemen akhir.

Posisi ini ditempati usai Indonesia menyegel total 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil tersebut tentu saja menambah semarak euforia penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang.

Sebelum Edhy Prabowo berkecimpung ke pengurusan PB IPSI, dirinya diketahui merupakan atlet pencak silat. Pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, 24 Desember 1971 ini turut ambil bagian dalam turnamen level nasional hingga internasional.

Edhy Prabowo

Kariernya di dunia pencak silat semakin gemilang ketika berjaya di Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun setelah menyelesaikan kariernya sebagai atlet pencak silat, Edhy memilih beralih ke dunia politik.

Kini, kabar kurang menyenangkan pun datang dalam karier kepolitikan Edhy. Ia dikabarkan diciduk KPK karena adanya dugaan korupsi benur lobster. Kiprah Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP sendiri diketahui baru berjalan kurang lebih setahun saat ditunjuk Presiden RI, Joko Widodo, pada tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini