Image

Hamilton Sebut Tikungan di F1 Terlalu Mudah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 07:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 14 37 1844655 hamilton-sebut-tikungan-di-f1-terlalu-mudah-TPZP4M3yoR.jpg Lewis Hamilton (Foto:AFP)

BRACKLEY – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, mengatakan Sirkuit Donington Park yang ia jalani selama karier juniornya di single seater jauh lebih sulit dibandingkan dengan seluruh tikungan yang ada dalam kompetisi Formula One (F1).

Saat ini F1 sedang menyelidiki apakah rangkaian Grand Prix (GP) perlu diubah untuk meningkatkan kualitas balapan. Saat ini ekssplorasi sedang berlangsung di bawah komando direktur olahraga F1, Ross Brawn.

Melihat adanya rencana untuk meningkatkan kualitas balap, juara F1 musim 2017, Lewis Hamilton, memberikan tanggapan kritisnya mengenai kompetisi saat ini. Menurutnya kurangnya pembalap untuk menyalip disebabkan oleh bentuk layout lintasan yang kurang menantang.

Oleh sebab itu ia yakin F1 perlu mempertimbangkan untuk membuat lintasan yang lebih menantang bagi para pembalap. Menurutnya dengan alasan area run-off yang massif dalam skirkuit modern, membuat setiap lintasan terlalu mudah untuk dikendarai dan mengurangi kemungkinan para pembalap dalam membuat kesalahan.

Baca Juga:

(Bottas Ingin Tampil Lebih Baik di Musim 2018)

“FIA telah melakukan pekerjaan yang menakjubkan. Tapi mereka benar-benar harus berhenti dengan area run-off ini. Anda seharusnya tidak bisa memotong sudut seperti yang Anda lihat pembalap lain lakukan,” cetus pembalap berusia 32 tahun itu, sebagaimana diberitakan Motorsport, Minggu (14/1/2018).

“Apa yang saya suka tentang masa lalu tentu saja membuat Anda tidak ingin jatuh. Tapi jika Anda melebar maka Anda akan kehilangan waktu. Sekarang Anda bisa mendekati tikungan karena mengetahui jika Anda terlalu cepat maka anda akan melebar dan saya tidak menyukai hal itu.

“Dulu saya suka dengan Outlon Park dan Donington. Di Donington, tikungan yang bernama Old Hairpin akan menjadi mimpi buruk. Anda harus melepaskan rem dan berlari kencang menggunakan downforce. Setelah itu Anda akan ke atas bukit sebelum anda melaju lurus. Anda bahkan tidak bisa melihat garis putihnya. Ada garis putih kemudian kerikil-kerikil yang menyebalkan,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini