Share

PBMI Dorong Prestasi Muaythai di Indonesia

MNC Media, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2016 00:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 23 43 1318753 pbmi-dorong-prestasi-muaythai-di-indonesia-y3DYium3wR.jpg Muaythai Indonesia harus terus ditingkatkan. (Foto:Okezone/Reza Wahyu Saputra)

JAKARTA - Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PBMI) terus menggenjot prestasi olahraga bela diri ini agar berkembang pesat dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. 

“Kita sepakat bagaimana memajukan Muaythai bisa sebagai industri. Artinya harus banyak turnamen, harus banyak klub-klub bisa tumbuh,” kata Ketua Dewan Pembina PB Muaythai Indonesia (PBMI) Hary Tanoesoedibjo (HT) usai rapat program kerja PBMI 2016, Senin 22 Februari. 

Turnamen yang berlangsung secara rutin akan menghasilkan atlet-atlet berbakat profesional. Atlet yang terbiasa mengikuti turnamen akan menjadi percaya diri untuk berkompetisi di kancah internasional. Dari situ, diharapkan mental para atlet Muaythai Indonesia bisa terbentuk dan teruji.

Dalam rapat kemarin, HT juga berpesan kepada atlet Muathay yang akan berangkat ke Bangkok pada bulan Maret mendatang untuk percaya diri dalam menghadapi pertandingan. “Persiapkan latihan dengan sebaik-baiknya, fokus sampai pada hari pertandingan,” kata pria yang telah lama menekuni Muathay ini. 

Dia melanjutkan dalam pertandingan tidak boleh grogi. Dia mewanti-wanti hal tersebut kepada para atlet, sebab acap kali ketika seorang atlet belum terbiasa bertanding di kancah internasional tidak berperforma dengan baik hanya karena tidak siap mental. “Sama, mau tanding di dalam negeri, mau tanding luar negeri semua sama. Mentalnya harus dipersiapkan dengan baik,” kata dia  

Hary menambahkan, peran media tentunya juga sangat besar untuk memperkenalkan olahraga muaythai kepada lebih banyak lagi masyarakat. Terlebih di Indonesia olahraga ini masih terbilang baru. Karena itu, peran media sangat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan potensi muaythai bagi Indonesia.

PBMI memiliki komitmen untuk terus mengembangkan olahraga ini di tanah air dan terus menorehkan prestasi untuk Indonesia . "kita telah sepakat untuk memajukan muaythai Indonesia," pungkasnya.

Seperti diketahui tahun ini  Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Muaythai. Sebagai catatan ini adalah kali pertama  kejuaraan dunia Muaythai dihelat di luar Thailand. 

Meski olahraga ini tergolong baru namun sederetan prestasi telah ditorehkan atlet-atlet tanah air. Diataranya Asian Muay Championship 2015, Indonesia berhasil menjadi juara umum usai mengumpulkan 11 medali emas dan 12 medali perak. 

Sebelumnya, Indonesia juga meraih prestasi dan berada di posisi kedua dari klasemen di kejuaraan Miracle Muaythai World Muathay Championship. Di kejuaran yang diikuti 40 negara tersebut Indonesia keluar memperoleh tiga emas dan tujuh perak. Dan masih ada seseretan prestasi lainnya. 

(rzs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini