Share

HAM: Boikot GP Bahrain

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Senin 09 Januari 2012 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 09 37 554290 0wFmb94gad.jpg Foto: Sirkuit Bahrain/Getty Images

SAKHIR - Kondisi Bahrain dianggap tidak memungkinkan untuk menggelar Formula One (F1) 2012. Kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) meminta kepada tim peserta F1 untuk kembali tidak melakukan balapan di Bahrain.

 

Seperti diketahui, Sirkuit Sakhir tidak dapat menggelar balapan di F1 2011 karena situasi buruk yang melanda negara itu. Meski demikian, CEO F1 Bernie Ecclestone tetap memasukkan nama Bahrain ke dalam kalender 2012.

 

Rencananya, Bahrain akan menjadi negara keempat yang menjadi tuan rumah F1 dan berlangsung pada 22 April mendatang. Tapi, kemungkinan rencana Ecclestone untuk menggelar balapan di Sirkuit Sakhir kembali batal.

 

Kelompok HAM menolak rencana itu. "Kami akan membuat kampanye untuk pembalap dan tim supaya mau memboikot ajang tersebut," demikian ungkap wakil presiden HAM di Bahrain Nabeel Rajab.

 

"Pemerintah ingin menggelar Formula One untuk mengatakan kepada dunia luar semua sudah normal kembali. Jika mereka datang, maka mereka akan membantu pemerintah untuk mengatakan situasi sudah normal," lanjut Rajab.

 

"Kami meminta mereka tidak ikut ambil bagian. Saya yakin para pembalap dan tim menghargai HAM," tandasnya sebagaimana dilansir Autosport, Senin (9/1/2012).

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini