Share

Akhirnya, GP Bahrain Resmi Batal

Achmad Firdaus, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2011 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 10 37 466867 hKgQcFLvCf.jpg Foto: Sirkuit Sakhir, Bahrain/Ist

MANAMA - Teka-teki terkait nasib GP Bahrain pada kompetisi Formula One (F1) musim ini akhirnya terkuak. Chairman Sirkuit Sakhir, Zayed R Alzayani mengumumkan bahwa GP Bahrain resmi dibatalkan.

Sebelumnya, nasib GP Bahrain memang belum menentu, menyusul pro-kontra yang menyeruak di berbagai kalangan terkait hasil sidang World Motor Sport Council (WMSC), beberapa waktu lalu yang memutuskan menggelar GP Bahrain pada 30 Oktober mendatang. Sebelumnya, Bahrain diketahui gagal menyelenggarakan seri perdana, Maret lalu karena situasi politik di Bahrain yang tidak kondusif.

Kini, dengan pertimbangan keamanan yang masih belum stabil di Bahrain, bos sirkuit, Zayed R Alzayani memutuskan untuk menarik diri.

“Meskipun Bahrain menyambut gembira keputusan WMSC bahwa GP Bahrain bisa digelar pada 30 Oktober, kini semuanya sudah jelas balapan tidak bisa digelar dan kami menghormati keputusan tersebut,” ujar Zayed seperti dikutip GrandPrix.com, Jumat (10/6/2011).

“Bahrain selalu berusaha untuk memainkan peran positif dalam pengembangan lanjutan Formula Satu, dari balap perintis F1 di Timur Tengah, untuk membantu negara-negara lain dalam memfasilitasi balapan mereka sendiri di wilayah baru, serta memberikan pengalaman yang unik dan menyambut pendukung Grand Prix secara universal,” sambungnya.

"Bahrain sama sekali tidak ingin melihat perlombaan dalam kalender musim ini jadi lebih panjang dan mengurangi kenikmatan F1 baik untuk tim, pembalap, atau suporter. Kami ingin, peran kami dalam F1 selalu positif dan konstruktif seperti sebelumnya. Oleh karena itu, dalam kepentingan olahraga, kami tidak akan mengejar rescheduling perlombaan musim ini,” tegasnya.

“Kami menantikan dan akan menyambut tim, pembalap dan pendukung di Bahrain tahun depan dan ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pendukung kami, termasuk staf, sukarelawan, sponsor, perusahaan-perusahaan swasta dan masyarakat umum, meski saya tahu mereka akan kecewa dengan keputusan ini. Kami juga akan sangat mengucapkan terima kasih kepada FIA, FOM, The Bahrain Motor Federation (BMF) dan tim atas segala dukungan dan pengertian mereka kepada kami saat ini,” pungkasnya.

Dengan batalnya, GP Bahrain, praktis kompetisi musim ini hanya akan memainkan 18 seri dari total 19 seri yang dijadwalkan. Sejauh ini, F1 telah memainkan enam seri dimana juara dunia musim lalu, Sebastian Vettel dari Red Bull Racing masih memuncaki klasemen pembalap dengan 143 poin atau unggul 58 angka dari pesaing terdekatnya Lewis Hamilton (McLaren).

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini