Share

Aprilia Diramal Bakal Jadi Pesaing Ducati di MotoGP 2023, Begini Penjelasannya

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Sabtu 21 Januari 2023 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 21 38 2750621 aprilia-diramal-bakal-jadi-pesaing-ducati-di-motogp-2023-begini-penjelasannya-vUF8wKxZ17.jpg Aprilia diprediksi bakal jadi pesaing Ducati di MotoGP 2023 (Foto: Twitter/MotoGP)

APRILIA diramal bakal jadi pesaing Ducati di MotoGP 2023. Hal ini disampaikan oleh mantan pembalap MotoGP yang kini jadi pengamat, Keith Huewen.

Aprilia tampil apik pada musim lalu. Tim asal Noale, Italia itu sukses finis ketiga di klasemen akhir konstruktor dengan torehan 248 poin.

Aleix Espargaro

Selain itu, performa pembalap mereka yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales juga tak kalah hebat. Khususnya Espargaro, yang mana dia menutup musimnya dengan finis di posisi empat dengan 212 poin, meraih satu kemenangan dan enam podium.

Huewen pun menyebut level Aprilia saat ini berada tepat di bawah Ducati. Pria berusia 65 tahun itu yakin tim tersebut di musim ini akan meningkat karena punya empat motor yang akan menghiasi grid.

Tak seperti musim lalu ketika hanya ada dua pembalap dari tim pabrikan, Aprilia kini punya tim satelit. RNF memutuskan untuk berpaling dari Yamaha ke Aprilia dan mereka punya pasangan pembalap hebat dalam diri Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

“Aprilia memiliki motor yang benar-benar berada di urutan kedua dari Ducati untuk performa saat ini,” ujar Huewen, dikutip dari Crash, Sabtu (21/1/2023).

“Mereka memiliki empat motor di grid tahun ini, jadi mereka bisa memiliki semua data yang mereka butuhkan,” sambungnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa kemajuan tim pabrikan asal Italia itu tak luput dari sosok Masimo Rivola. Menurutnya, Rivola benar-benar berhasil mengubah Aprilia.

Follow Berita Okezone di Google News

“Mereka terus berjanji akan memiliki sepeda yang lebih cepat dan sepertinya tidak pernah sampai di sana. Lalu tiba-tiba mereka mempekerjakan Rivola, pria Formula Satu, dan saya ingat saat itu berpikir, 'Apa? Betulkah?' Tapi itu berhasil!,” ujarnya.

Massimo Rivola

Huewen pun takjub dengan kinerja Aprilia kendati bukan tim pabrikan yang besar. Dia bahkan memberi peringatan kepada Ducati. Karena jika Aprilia bisa membuat perkembangan yang signifikan, bukan tidak mungkin akan menjadi penantang gelar.

“Mengingat mereka adalah pabrik kecil, apa yang telah mereka lakukan sangat mengerikan. Aprilia selalu memiliki reputasi yang hebat dari sudut pandang balap,” imbuhnya.

“Saya pikir jika mereka berhasil mempertahankan momentum mulai 2022, Ducati harus berhati-hati,” tutup Huewen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini