Share

Rahmat Erwin dan Rizki Juniansyah Berikan 3 Emas untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Rio Eristiawan, Jurnalis · Sabtu 10 Desember 2022 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 43 2724471 rahmat-erwin-dan-rizki-juniansyah-berikan-3-emas-untuk-indonesia-di-kejuaraan-dunia-angkat-besi-2022-whSRi075CL.jpeg Indonesia meraih tiga emas dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota (Foto: PABSI)

RAHMAT Erwin dan Rizki Juniansyah berikan tiga emas untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. Dua lifter Indonesia tersebut menunjukkan dominasinya pada Sabtu (10/12/2022) dalam kejuaraan yang digelar di Bogota, Kolombia tersebut.

Rahmat Erwin Abdullah meraih dua emas dari kategori clean and total angkatan. Di sisi lain, Rizki merupakan peraih emas di kategori snatch.

 Angkat Besi

Meski berbeda grup, tetapi Rahmat dan Rizki harus bersaing dengan ketat. Selain itu, mereka juga bertarung sengit dengan lifter-lifter tangguh dari China, Bulgaria, dan Kazakhstan.

Berada di Grup B, Rahmat mampu menembus dominasi pemain-pemain yang ada di Grup A, termasuk Rizki. Bahkan, selain mendapatkan medali emas, lifter berusia 22 tahun itu berhasil mempertajam rekor dunia di angkatan clean and jerk.

Rahmat sukses mengangkat 200kg sekaligus melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh lifter China, Shi Zhiyong di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Tianjin, China pada 2019 lalu. Sedangkan emas kedua Rahmat didapatkan di kategori total angkatan seberat 352kg.

Sementara itu, Rizki berada di Grup A dengan angkatan terbaik 155 kg. Total angkatannya meraih perak dengan 347 kg dan juga clean and jerk dengan beban yang diangkat sejumlah 192 kg.

Kabid Binpres PABSI, Hadi Wihardja pun sangat banga dengan prestasi Rahmat dan Rizki usai mendapatkan hasil bagus di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. Ia pun optimis kedua lifter Indonesia tersebut bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Follow Berita Okezone di Google News

"PABSI melahirkan dua lifter potensial, Rahmat Erwin Abdullah dan Rizki Juniansyah , yang sama-sama bertarung di kelas 73kg. Kedua mutiara itu perlu dijaga dengan baik agar kilaunya tidak pudar sebelum waktunya. Saya optimistis keduanya bisa lolos Olimpiade," kata Hadi dalam rilis PABSI, Sabtu (10/12/2022).

 Angkat Besi

Sementara Pelatih Kepala Tim Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja mengatakan Rahmat dan Rizki tidak berada satu grup karena ingin membuat keduanya tampil lebih tenang. Hal tersebut pun berbuah hasil bagus dan membuatnya berharap Rahmat dan Rizki lolos ke Olimpiade mendatang.

"Agar mereka enjoy karena pertarungan grup terpisah waktunya. Sehingga keduanya bisa bertarung dengan aman. Akhirnya, mereka mampu meraih yang terbaik.Saya berharap mereka kedepannya tetap konsisten dan mampu lolos Olimpiade 2024," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini