Share

Alasan Kenapa Baju Para Pembalap MotoGP Ada Punuk di Belakangnya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 38 2721839 alasan-kenapa-baju-para-pembalap-motogp-ada-punuk-di-belakangnya-8meV87ks4q.jpg Alasan kenapa baju pembalap MotoGP ada punuk di belakangnya (Foto: MotoGP)

ALASAN kenapa baju para pembalap MotoGP ada punuk di belakangnya akan diulas dalam artikel Okezone. Para pencinta MotoGP tentu mempertanyakan apa fungsi dari punuk di bagian belakang baju para pembalap di atas lintasan.

Tentunya punuk pada bagian belakang baju para pembalap MotoGP memiliki fungsinya tersendiri. Lantas, apa fungsi punuk itu?

Marc Marquez

Berikut Alasan Kenapa Baju Para Pembalap MotoGP Ada Punuk di Belakangnya

Melansir dari AutoSport, baju balap modern adalah perlengkapan yang canggih. Di MotoGP, disesuaikan untuk setiap pengendara guna mencapai yang terbaik bagi setiap individu.

Sebagai salah satu bagian dari baju balap, ternyata punuk atau wearpack menjadi salah satu fitur yang paling menonjol dari setiap baju pembalap MotoGP. Awalnya fitur ini diperkenalkan untuk meningkatkan aliran udara dan meningkatkan kecepatan tertinggi sepeda motor.

Wearpack sendiri telah digunakan sebagai tempat menampung air minum, saluran pendingin, dan elektronik. Kantong air minum yang ada di bagian punggung itu memiliki kapasitas menampung air minum mencapai 300 mililiter atau setara dengan minuman kaleng.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya itu, bagian tersebut juga dilengkapi dengan airbag yang di dalamya ada akselerometer, giroskop, dan GPS, dan kantung udara diaktifkan saat sensor mendeteksi bahwa telah terjadi tragedi jatuh. Perangkat lunak yang ada sangat canggih sebab dapat membedakan antara insiden asli dan nyaris celaka, sehingga inflasi tidak terjadi secara acak.

Marc Marquez

Informasi data yang diperoleh dari tubuh pembalap akan disimpan. Baik itu data berupa gaya membalap, temperatur badan, tekanan darah, hingga detak jantung.

Untuk menyimpan data-data tersebut, di bagian wearpack juga disematkan memory card. Nantinya data yang tersimpan dapat diambil para produsen wearpack yang digunakan untuk meningkatkan produknya itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini