Share

Legenda MotoGP Yakin Marc Marquez Bakal Kembali Perebutkan Gelar Juara Dunia di Musim 2023

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 04 Desember 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 38 2720346 legenda-motogp-yakin-marc-marquez-bakal-kembali-perebutkan-gelar-juara-dunia-di-musim-2023-aHsqMSOTPX.jpg Marc Marquez disebut akan bersaing untuk gelar juara dunia lagi pada MotoGP 2023 (Foto: Twitter/HRC_MotoGP)

LEGENDA MotoGP yakin Marc Marquez bakal kembali perebutkan gelar juara dunia di musim 2023. Menurut Jorge Lorenzo, The Baby Alien – julukan Marc Marquez – sudah mengatasi masalah cedera yang telah membuatnya gagal kompetitif selama beberapa musim terakhir.

Marc Marquez kembali gagal tampil kompetitif pada MotoGP 2022. Juara dunia enam kali tersebut mengakhiri musim di urutan ke-13 dengan hanya sekali menembus podium.

Marc Marquez

Bukan soal performa, Marquez tak masuk dalam zona 10 besar lantaran banyak melewatkan balapan. Ya, pembalap berusia 29 tahun itu sempat mengalami cedera berkepanjangan dan harus absen dalam beberapa balapan karena memutuskan naik meja operasi.

Kendati demikian, Marquez dinilai akan kembali bersaing pada musim depan. Lorenzo mengatakan, bekas cedera yang dialami oleh The Baby Alien tidak akan mengganggu performanya. Tetapi, hal itu tergantung pada seberapa parah cedera yang dialaminya.

Hal itu dicontohkan oleh Lorenzo saat membalap di MotoGP Prancis 2009. Kala itu, Lorenzo yang dalam kondisi kurang stabil mampu memenangkan balapan. Terlebih lagi, Marquez merupakan sosok yang berbeda.

“Jika lengan (cedera Marquez) semakin membaik, ya. Satu-satunya hal, yah, usia mengambil korban dan cedera mengambil korbannya. Ketika saya berumur 20 tahun saya tidak takut jatuh, bahkan dalam kondisi tidak stabil, kondisi paling berbahaya yang bisa Anda temukan,” kata Lorenzo dikutip dari Solo Moto, Minggu (4/12/2022).

“Dalam kondisi itu saya berhasil memenangkan balapan. Mari kita ingat Le Mans 2009, bahwa dalam kondisi campuran saya memulai dengan apik dalam 'bendera ke bendera' dan memenangkan balapan,” sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dalam beberapa tahun terakhir, dengan begitu banyak cedera yang terjadi pada saya, hujan mulai turun sedikit dan saya tidak ingin jatuh, saya tidak ingin melukai diri sendiri dan itu sangat mempengaruhi penampilan saya. Dan dengan Marc, saya kira jika ada yang kurang menyadarinya, itu adalah Marc, tetapi sesuatu akan menyadarinya,” tambah Lorenzo.

Jorge Lorenzo

Namun, selain faktor mentalitas, Lorenzo mengatakan Marquez membutuhkan dukungan penuh dari Repsol Honda. Menurutnya, The Baby Alien akan segera kembali ke jalur perebutan gelar jika semua orang di tim percaya padanya.

“Dengan orang-orang muda yang telah mendorong, tanpa rasa takut dan dengan banyak ambisi, sedikit demi sedikit perbedaan yang bisa dimiliki Marc dengan yang lain menyesuaikan. Tapi saya yakin, dengan Marc (dalam kondisi) 100 persen dan jika Honda membantunya, sedikit demi sedikit dia akan memenangkan balapan dan kejuaraan dunia,” tukasnya.

Sebagai catatan, Marc Marquez bakal ditemani mitra baru untuk MotoGP 2023. Dialah juara MotoGP 2020, Joan Mir, yang meninggalkan Suzuki Ecstar yang dibubarkan di akhir musim 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini