Share

Jenis-Jenis Tangkisan dalam Pencak Silat

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Senin 21 November 2022 02:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 43 2711380 jenis-jenis-tangkisan-dalam-pencak-silat-62u6Y7Bw91.jpg Jenis-jenis tangkisan dalam pencak silat (Foto: Dok Okezone)

BERBAGAI jenis tangkisan dalam pencak silat patut disimak, terutama bila kamu seorang pesilat. Salah satu teknik bertahan dalam pencak silat ada hindaran dan tangkisan.

Tangkisan adalah belaan dengan cara kontak langsung bagian anggota badan dengan serangan lawan, dengan tujuan untuk menahan serangan atau memindahkan serangan yang dilancarkan lawan.

Silat

Dalam seni bela diri Indonesia itu terdapat beberapa jenis-jenis teknik tangkisan yang dilakukan pesilat.

Berikut artikel rangkuman tentang jenis-jenis tangkisan dalam pencak silat, adapun jenis tangkisnya.

Tangkisan dalam

Silat

Tangkisan dalam adalah cara untuk membendung serangan lawan berupa pukulan. Kita tidak perlu memindahkan posisi badan dan tangan yang menahan serangan lawan.

Namun tangkisan ini sangat berisiko, apabila lawan menyerang dengan pukulan tangan lainya, maka sebaiknya kita lakukan serangan setelah tangkisan dalam.

Tangkisan luar

Silat

Tangkisan luar ini adalah teknik memindahkan serangan lawan berupa pukulan, kita perlu sedikit memindahkan badan ke samping, selanjutnya tangkis serangan lawan dengan dorong ke samping menggunakan tulang kering tangan. Atau telapak tangan.

Tangkisan ini efektif dan lebih aman ketimbang tangkisan dalam. Tangkisan luar sangat efektif jika kita ingin menyerang balik terhadap lawan, sebab kita diunggulkan dalam posisi badan. Namun kita harus terlatih dalam melakukan ini

Tangkisan atas

Silat

Tangkisan ini berguna untuk melindungi bagian dari kepala hingga leher. Gerakannya dilakukan dari bawah ke atas.

Tetapi perlu latihan yang pas agar reflek sesuai dan mempunyai keberanian untuk melakukannya.

Tangkisan bawah

Silat

Tangkisan bawah atau totok bawah adalah teknik dasar pencak silat, biasanya tangkisan ini berguna untuk melindungi kemaluan kita terhadap serangan kaki.

Ketika lawan melancarkan serangan tendangan, kita perlu melihat arah tendangan lawan lalu tangkis bawah dengan tulang kering dengan tangan dikepal, atau kita bisa totok agar mencederai kaki lawan.

Tangkisan dua tangan

Silat

Tangkisan ini ada di perguruan PSHT, berguna untuk melindungi wajah kita dari serangan lawan. Dilakukan dengan merapatkan kedua tangan menutupi wajah kita.

Ketika kita tidak mempunyai banyak waktu untuk menghindar serangan lawan berupa pukulan, sangat efektif gunakan tangkisan dua tangan.

Tetapi kita harus berlatih agar tangan kita mati rasa ketika menangkis terhadap serangan lawan, dan harus melatih ketangkasan reflek.

Kelid Cimande

Silat Cimande

Sejatinya kelid Cimande merupakan jurus 3 dari Perguruan Silat Cimande. Jurus ini memang berguna untuk menangkis lawan, dan menciptakan banyak variasi serangan balik.

Bahkan ketika sudah terlatih dan mahir menggunakan jurus 3 Cimande (kelid), kita dapat mengunci lawan, menjatuhkan lawan ke permukaan tanah hingga melumpuhkanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini