Share

Kelar GP Abu Dhabi 2022, Sebastian Vettel Pamit dari F1

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 21 November 2022 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 37 2711424 kelar-gp-abu-dhabi-2022-sebastian-vettel-pamit-dari-f1-3LRbvh53m8.JPG Sebastian Vettel pamitan dari ajang balap Formula One (F1). (Foto: Reuters)

ABU DHABI - Pembalap Tim Aston Martin, Sebastian Vettel pamitan dari ajang Formula One (F1) usai menjalani balapan terakhirnya di GP Abu Dhabi 2022 pada Minggu 20 November 2022. Vettel yang memang sudah memutuskan pensiun tersebut mengakhiri karier dengan berada di urutan ke-12 pada klasemen akhir F1 2022.

Pada balapan terakhirnya di F1, Vettel hanya mampu finis di urutan ke-10 pada balapan F1 GP Abu Dhabi 2022. Dengan hasil itu, pembalap berusia 35 tahun asal Jerman itu pamitan dari F1 dengan mengumpulkan total 3.098 poin, 57 pole position, 53 kemenangan, dan empat gelar juara dunia.

Pada sesi wawancara dengan juara dunia, Jenson Button di lintasan setelah balapan, Vettel mengatakan sangat berharap bisa mendapat poin lebih banyak sebelum pensiun. Meski tak tercapai, Vettel mengaku tetap menikmati musim balapan terakhirnya.

"Saya rasa kami tidak menjalankan strategi terbaik, jadi ini disayangkan, karena mungkin kami bisa membalikkan keadaan di klasemen konstruktor, tapi secara umum ini adalah hari yang besar,” ungkap Vettel, melansir dari ANTARA, Senin (21/11/2022).

"Terima kasih yang tiada tara atas dukungan semuanya, banyak sekali bendera, wajah yang tersenyum, yang sangat-sangat spesial. Saya yakin saya akan merindukan ini dari yang saya rasakan sekarang ini," sambungnya.

Ketika dimintai untuk menyampaikan pesan-pesan terakhirnya sebelum pensiun, Vettel, yang sering menyuarakan sejumlah isu sosial mulai dari kesetaraan hingga perubahan iklim, berharap rekan-rekan pembalap dan semua pihak yang terlibat di grid F1 untuk meneruskan kerja baik mereka selama ini.

Follow Berita Okezone di Google News

"Dua tahun terakhir mungkin sedikit mengecewakan dari sudut pandang olahraga, tapi sangat lah berguna dan penting bagi saya dalam hidup saya. Banyak hal terjadi, banyak hal yang saya sadari," tambah Vettel

"Saya rasa berada pada posisi kita sekarang ini adalah keistimewaan yang sangat besar, dan dengan itu ada tanggung jawab, jadi saya berharap untuk mewariskan sedikit dari itu untuk para pebalap lainnya, agar meneruskan kerja baik mereka selama ini,” lanjutnya.

Momen perpisahan Sebastian Vettel (Reuters)

"Sangat senang melihat kita memiliki kekuatan untuk menginspirasi dengan apa yang kita lakukan dan apa yang kita katakan," imbuh Vettel.

Sebelum menjalani balapan terakhirnya, Vettel disambut dengan seremoni kecil oleh rekan-rekan pembalap yang berbaris di grid untuk memberikan penghormatan dan perpisahan.

Keluarga Vettel, termasuk sang ayah dan tiga anaknya, yang biasanya menghindari tampil di paddock F1, bahkan hadir untuk melihat penampilan terakhirnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini